Daun Ijo

Ikuti

Ahay! Sedapnya Perpaduan Kopi dan Arang Kayu di Angkringan Bang Sulis Ini!

Bagikan

daunijo.com- Bagi mantan anak-anak kuliah di Kota Pelajar Jogja, Solo atau Semarang, tentu sudah tidak asing lagi dengan minuman khas yang satu ini. Kopi jos. Minuman legendaris khas kedai angkringan ini memang cukup akrab dengan kehidupan para mahasiswa sehari-hari khususnya penggemar kopi. Maklumlah, nongkrong, diskusi, makan dan minum sehari-hari di angkringan.

Minuman kopi jos sesungguhnya bukanlah kopi dari jenis khusus. Segala jenis kopi hitam baik jenis arabica, robusta, liberika atau yang lain dapat disajikan dengan model kopi jos ini. Kopi yang telah diseduh dan diaduk dengan gula kemudian dalam kondisi masih panas diberi potongan arang kayu yang membara ke dalamnya. Kopi yang disajikan dengan cara ini memiliki bau dan citarasa yang khas perpaduan aroma kopi dan bara arang.

Proses memasukkan arang kayu membara ke dalam air kopi ini tidak perlu waktu terlalu lama. Sebelum dimasukkan, arang dibersihkan dulu dari abu yang menempel. Begitu dimasukkan dan dibenamkan ke dalam kopi, setelah itu bisa langsung diangkat arangnya. Ditengarai karena suara yang timbul saat bara terkena air inilah mengapa kopi ini dinamakan kopi joss.

Karena membutuhkan arang kayu yang membara, maka di kedai angkringanlah bisa didapatkan minuman ini dengan mudah. Selain selalu tersedia arang kayu yang membara, arang yang biasa dipakai di angkringan umumnya berkualitas bagus. Arang kayu bertekstur keras dan tidak akan mudah pecah atau hancur saat dimasukkan ke dalam air kopi.

Selain tempat-tempat legendaris macam angkringan di sekitar tugu stasiun Kota Jogja, hampir semua angkringan tradisional yang menggunakan arang kayu untuk tungku pembakaran dapat melayani permintaan minuman legendaris ini. Termasuk angkringan bang Sulis yang asli dari Ngawen Gunungkidul, Yogyakarta ini.

Bang Sulis yang membuka stan 150 m di sebelah selatan pasar Tegalgondo ini memiliki menu kopi jos sebagai salah satu minuman andalannya. Selain kopi jos, teh panas dengan gula batu yang mantap khas angkringan menjadi minuman favorit di sini. Kombinasi beberapa jenis teh pilihan khas dari kota Solo, Jogja, Pekalongan dan Tegal membuat minuman teh di angkringan ini terasa begitu mantap.

Jika anda tengah melakukan perjalanan dari arah Solo menuju jogja, setelah melewati tugu perbatasan masuk Kabupaten Klaten segera anda akan menjumpai pasar Tegalgondo di kiri jalan. Sedikit maju lagi setelah pertigaan ke arah Janti, di sebelah kiri jalan Solo-Jogja anda akan berjumpa dengan angkringan bang Sulis ini. Buka mulai pagi jam 8.00 hingga sore menjelang malam. Silakan mampir untuk menikmati sensasi minuman kopi joss ini sambil menikmati semilir angin di bawah rimbunnya pohon Talok.

Bagikan

Terkait

Latest