Beternak lele kolam beton di belakang rumah, pria ini raup untung jutaan rupiah

daunijo.com_ Berbadan tambun dan berisi namun lincah, itulah gambaran sekilas dari bapak Heru Wahyudi. Pria yang yang menyandang gelar sarjana pertanian ini berprofesi sebagai karyawan swasta di surabaya. Di sela sela kesibukannya beliau memulai usaha beternak ikan lele.

Ada 3 kolam dengan ukuran sekitar 2,5 x 1 meter.  Dan 1 kolam yang lebih besar berukuran sekitar 2,5 x 2,5 meter. Saat redaksi berkunjung ke rumahnya beliau sedang membuat 1 kolam baru untuk menambah kapasitas produksinya.

Bapak empat anak ini bercerita, untuk permintaan pasar di Surabaya dan Sidoarjo masih sangat luas. Kadang belum waktunya panen pun sudah ada pembeli yang booking. Dari 1 kolamnya di isi benih lele sekitar 1000  ekor. Ketika masa panen sekitar 3 bulan, keuntungan yang di dapat sekitar 400 ribu rupiah. Menurut perhitungan kasar jika di kalikan 5  menurut kapasitas kolamnya saat ini bisa menghasilkan laba bersih sampai 2 juta. Angka yang cukup lumayan menurut saya. Rencananya pak Heru akan menambah jumlah kolamnya, di sisa tanah ynag masih ada.

Beternak lele membutuhkan trik tersendiri. Jika mengandalkan pakan pabrikan, cost produksinya terlalu tinggi dan keuntungan yang didapat kecil bahkan minus. Untuk mensiasati hal tersebut pak Heru memberikan pakan alternatif, mulai dari daging ayam sortiran pabrik sampai ikan mujahir yang mudah didapat di tambak sidoarjo. Ikan mujahir kecil kecil merupakan limbah atau hasil samping dari petambak di sidoarjo. Kita bisa membelinya dengan harga cukup murah sekitar 2000 rupiah untuk 1 kilo nya.

Dengan pemberian pakan alternatif tersebut, pertumbuhan ikan lele lebih cepat hingga masa panen menjadi lebih singkat. Pembakaian probiotik tetap diperlukan, pemberian pakan pabrikan juga harus di campur dulu dengan air. Hal ini bertujuan agar pakan mengembang di luar, karena jika ikan makan terlalu kenyang dan pakan mengembang di dalam perut ikan, bisa menyebabkan kematian.

Video Pak Heru lagi ngasih pakan ternak lelenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *