Daun Ijo

Ikuti

Hadeuh! Panen Terung Saja kok Harus Pakai Tangga

Bagikan

daunijo.com- Ada dua kemungkinan kalau panen buah terung saja harus pakai tangga. Pertama tanam terungnya di atap rumah, kedua pohon terungnya memang setinggi atap. Seperti pohon terong hijau dengan buah panjang di belakang rumah ini. Karena tingginya mencapai 3 meter lebih, perlu tangga pula untuk memetiknya.

Sebenarnya pohon unik ini adalah tanaman sayuran buah kombinasi yang beberapa waktu yang lalu pernah diposting di sini. Sayangnya karena buah yang lebat dan ajir yang tidak diikat dengan benar sambungan terung ungu dan sambungan tomat yang tengah berbuah lebat pun telah patah diterpa angin. Kini cuman tersisa satu pucuk terung jenis hijau saja yang mampu bertahan dengan beberapa buahnya. Video tanaman terung setinggi 3 meter ala kadarnya dapat dilihat di sini.

Selain susah saat mau petik buahnya, kendala lain untuk tanaman terung yang terlalu tinggi ini susah juga dalam pengendalian hama. Akibatnya daun-daun terung penuh dengan kutu kecil-kecil berwarna hijau kekuningan yang merupakan hama langganan tanaman terung. Terpaan anginpun menjadi lebih kuat menerpa tajuk tanaman karena posisinya yang terlalu tinggi hingga rawan terjadi patah pada cabang.

Untuk memiliki pokok tanaman terung setinggi ini anda dapat memelihara tanaman takokak atau terung pipit. Setelah tinggi yang diinginkan tercapai, pada bagian atas dapat disambung pucuk dengan berbagai jenis terung lain atau dikombinasi dengan berbagai jenis tomat.

Selain dengan batang bawah terung pipit (Solanum torvum), anggota suku Solanaceae yang lain yaitu tanaman terung belanda (Solanum betaceum) dapat pula memiliki tinggi yang cukup hingga 2 meter lebih. Tanaman ini banyak ditanam di daerah berhawa sejuk, sementara terung pipit dapat tumbuh subur dan berbuah bagus meski di dataran rendah yang panas. Cantuman dengan guna dua jenis pokok di atas dapat menghasilkan pokok yang cukup tinggi.

Bagikan

Terkait

Latest