Daun Ijo

Ikuti

Ikan Patin Kolam Terpal Gagal Capai Hasil Optimal

oleh daunijo

Bagikan

daunijo.com- Sekelompok ikan patin itu telah berusia 7 bulan tampak menggelepar dengan kuat dan tampak sehat saat air kolam dikuras. Sayangnya 64 ekor ikan patin yang dipelihara di kolam terpal berukuran mini tersebut tumbuh tidak optimal. Tanpa aerator udara dan tanpa pompa untuk resirkulasi air kolam, ukuran patin terpal ini panjangnya baru sekitar 25-30 cm dengan bobot sekitar 180-300 gram saja. Meski sudah layak untuk digoreng, perkembangan ikan patin terpal air tergenang ini belum cukup optimal.

Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab tidak optimalnya pertumbuhan ikan patin kolam terpal ini. Kolam yang hanya berukuran mini sekitar 1,2 x 2 meter itu tidak memiliki tinggi yang cukup. Air hanya mampu ditampung setinggi 30 hingga 40 cm saja. Akibatnya ikan mudah panik saat mendengar getaran di sekitarnya termasuk gerakan saat pemberian pakan. Ketika sudah panik ikan akan berlompatan kesana-kemari. Beberapa ekor ikan kadang ditemukan terkapar di luar kolam akibat melompat.

Selain mudah panik pada air yang dangkal, panas yang kurang menjangkau kolam kemungkinan menjadi penyebab lainnya. Akibat terlalu banyak pohon tinggi di sekitarnya, praktis sedikit saja cahaya yang dapat mencapai kolam akibat terhalang pepohonan. Ikan dalam kolam ini juga termasuk susah menerima pakan. Pakan patin ini diberikan dari jenis yang sama dengan pakan ikan lele di kolam lain. Jika sudah panik, pakan yang diberikan tidak segera termakan dengan optimal. Juga setelah pergantian air, ikan tidak akan menyentuh pakan yang diberikan hingga satu dua hari kemudian.

Tampilan ikan patin dalam kolam terpal mini ini dapat dilihat di video ini.

Menurut sejumlah literature, ikan patin umur 6-7 bulan seharusnya telah melampaui bobot 500 gram per ekornya atau lebih. Sementara dari kolam ini ikan patin umur 7 bulan dari bibit 10 gram panjang 10-11 cm baru mencapai bobot 200-300 gram saja dengan panjang 25-30 cm. Wah namanya,..gagal optimal!! Meski tidak terlalu optimal, 5 ekor ikan patin yang paling besar untuk gulai patin super pedas atau gulai patin bumbu kuning tampaknya cukup ideal untuk menu makan malam hari ini!


Bagikan

Terkait

Latest