Daun Ijo

Ikuti

Panen Buah Apel Manis dan Renyah dari Tabulampot

Bagikan

daunijo.com- Buah apel india yang ditanam dalam pot itu akhirnya siap dipetik. Jika dihitung-hitung perlu waktu sekitar 120 hari atau 4 bulan sejak pohon apel ini ditanam sebagai tabulampot dalam kondisi berbunga. Dengan demikian tampilan buah apel dalam pot ini bisa bertahan sekitar 3,5 bulan dari mulai muncul bakal buah hingga siap panen.

Lamanya proses panen buah apel india ini justru menjadikan satu kelebihan tersendiri. Tabulampot apel india yang difungsikan sebagai tanaman hias akan tampil dalam kondisi tergantungi buah dalam waktu yang cukup lama. Sangat direkomendasikan sebagai tabulampot tanaman hias. Dapat berbuah di dataran rendah yang panas. Saat dipanen, buah-buah muda juga sudah mulai muncul lagi untuk menggantikan buah apel tua yang sudah dipetik.

Rata-rata ukuran buah apel india yang dihasilkan bisa mencapai panjang 5 cm dengan keliling lingkaran buah pada diameter terbesarnya mencapai 12 hingga 15 cm. Daging buah cukup tebal dan di dalam tengah buah ada biji yang cukup keras berwarna coklat muda sebesar buah melinjo. Satu biji saja yang didapati sehingga mudah dipisahkan dari daging buah saat memakannya.

Bagaimana dengan rasanya? Mirip perpaduan antara jambu air yang manis dan apel malang. Jika sebagian buah apel hijau masih mengandung rasa sedikit masam di sela manisnya, buah apel india alias putsa ini manis penuh tanpa rasa masam. Tekstur daging buahnya yang berwarna putih juga tidak terlalu rasa berpasir (masir) seperti sebagian buah apel.

Lah kok dingin dan hambar rasanya bro? Itu apel masih muda,..!!

Bagikan

Terkait

Latest