Cara Membedakan Ikan Gurame Jantan dan Betina

daunijo.com_ 2021Feb- Salah satu jenis ikan konsumsi budidaya air tawar dengan citarasa tinggi sehingga memiliki banyak penggemar adalah ikan gurame atau gurami. Selain enak rasanya, ikan tergolong mudah dibudidayakan dengan alternatif jenis pakan yang banyak. Sebagian jenis pakan bahkan bisa disediakan di sekitar rumah.

Untuk memulai proses pemijahan ikan gurame, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu cara membedakan ciri-ciri ikan gurame jantan dan ikan gurame betina.

Ciri-ciri jantan dan betina induk ikan gurame dapat dilihat dari ciri-ciri fisik atau tanda-tanda yang ada pada tubuh ikan.

Beberapa ciri fisik yang sering digunakan untuk mengidentifikasi jenis jantan atau betina ikan gurame diantaranya bentuk kepala, bentuk badan, sisik tubuh, bentuk bibir, bentuk sirip ekor, dan warna tubuh.

Bentuk kepala
Gurame jantan dewasa memiliki tonjolan yang jelas pada bagian depan kepala atau dahi, sementara pada induk gurami betina tidak terdapat tonjolan yang jelas.

Bentuk bibir
Gurame jantan memiliki bentuk bibir yang besar dan tebal, mirip cakil dengan rahang bawah agak maju, sementara bentuk bibir pada gurame betina lebih tipis.

Bentuk sirip ekor
Gurame jantan memiliki sirip ekor yang bentuknya rata atau papak (Jw) sementara induk gurame betina ekornya membulat.

Warna tubuh / Tanda hitam di dada
Gurame jantan memiliki tanda berwarna kehitaman di bagian dada tepatnya di sekitar sirip dada. Pada gurami betina tanda berwarna hitam di bawah sirip dada ini tidak terlihat.

Kelincahan Gerakan
Sebagaimana beberapa jenis ikan lain, induk gurame jantan cenderung lebih lincah dan terlihat kuat gerakannya saat ditangkap dibandingkan gurame betina yang lebih lambat. Selain itu saat berada di darat gurame jantan akan terlihat lebih aktif dan kuat dalam gerak.

Pemijahan ikan gurame umumnya menggunakan kolam tanah dengan ukuran cukup luas. Namun tidak tertutup kemungkinan untuk memijahkan ikan gurame di kolam-kolam tipe lain seperti kolam terpal maupun tembok karena banyak juga yang sudah berhasil melakukannya.

Berbeda dengan induk ikan gabus yang satu paketnya terdiri 1 jantan 1 betina (1 : 1), satu paket indukan gurame untuk keperluan pemijahan dapat berjumlah 4 ekor, terdiri dari 1 ekor gurame jantan dengan 3 ekor ikan betina (1 : 3).

Demikian sekilas tentang ciri-ciri induk gurame jantan dan betina secara garis besar, karena sebenarnyalah jenis gurame yang berkembang di Indonesia cukup beragam.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*