Cara Mudah Menambal Terpal Kolam Ikan yang Bocor

Tidak seperti kolam tembok ataupun kolam dari bahan fiberglass, kolam dari bahan terpal ini memang rawan bocor. Kebocoran biasa terjadi karena terpal mengalami luka sobek karena beberapa hal. Tertusuk benda tajam baik dari atas atau dari bawah kolam dapat menjadi penyebabnya. Untuk luka sobek yang tidak terlalu besar baik di dinding kolam ataupun lantai kolam, masih dapat diupayakan langkah penambalan agar dapat dipakai lagi beberapa waktu ke depan.

Sebelum dimulai proses penambalan, baik kolam terpal dikeringkan terlebih dahulu. Tanah, pasir atau kotoran yang ada di sekitar area lubang bocor harus dibersihkan agar penambalan dapat menempel dengan baik. Benda penyebab kebocoran harus disingkirkan dari lokasi agar tidak terjadi kebocoran ulang. Biasanya benda runcing di bagian bawah terpal yang menyebabkan kebocoran ini.

Proses penambalan bocor pada kolam terpal ini hanya dilakukan dengan lakban saja. Siapkan lakban hitam yang berukuran besar, gunting secukupnya kemudian plesterkan rapat pada bagian yang bocor. Untuk hasil yang lebih baik, penambalan lakban dapat dilakukan di kedua sisi terpal baik dari sisi atas maupun sebelah bawah.

terpal-kolam-lele-bocor

Contoh lantai kolam lele yang bocor. Kolam yang masih relatif baru ini mengalami bocor akibat kejatuhan benda keras. Terpal sobek agak beberapa centimeter panjangnya. Setelah proses tambal kolam dengan lakban hitam ini, kolamĀ  masih dapat menampung air dengan baik tanpa bocor lagi.

Terpal tambal darurat ini toh masih dapat berfungsi beberapa lama dan air berhenti mengalir keluar. Tentu saja dengan kondisi terpal tambalan harus lebih diperhatikan kondisi kolam, jangan sampai tambalan bocor lagi dan kolam kehabisan air.

tambal-terpal-dengan-lakban

Tambal dengan lakban ini sebenarnya mudah terkelupas kembali setelah terkena air. Agar aman, pada lokasi bekas penambalan dapat diletakkan di atasnya beberapa lapis batu-bata yang diberi bantalan lipatan plastik di bawahnya.

Untuk penambalan lebih lanjut dengan hasil lebih bagus dan tahan lebih lama, penambalan dapat dilakukan dengan potongan terpal sisa yang sudah tidak terpakai lagi dengan menggunakan lem yang kuat dan tahan air, seperti pada video berikut ini. Cara Menambal Kolam Terpal yang Bocor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *