Cara Merawat Anak Ayam yang Sakit

Satu dari 16 ekor anak ayam terlihat kurang sehat. Matanya tertutup dan menggigil seperti kedinginan. Gerakannya pun terlihat kurang lincah seperti teman temannya.

Saya sendiri kurang paham dengan detil dan nama penyakitnya, namun ketika dulu memelihara ayam kampung dalam jumlah ratusan angka kematian karena penyakit dengan gejala seperti ini cukup tinggi. Dalam sehari bisa 5 ekor ayam yang mati jika tidak lekas ditangani.

Karena hari libur, tidak ada toko obat ternak yang buka maka saya mencoba penanganan awal dengan obat alternatif yaitu dengan rebusan air daun dewa.

Tips ini saya dapat dari ibu saya dan terbukti cukup efektif mengatasi ayam yang sakit.
Langkah nya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan segenggam daun dewa
2. Masukkan ke dalam panci berisinair sekita 1 liter
3. Panaskan dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit
4. Tunggu sampai dingin lalu berikan sebagai minuman untuk ayam.

Karena saya hanya mempunyai sedikit daun dewa, saya hanya menggunakan 3 lembar daun dewa berukuran kecil. Saya berikan selama 1 hari. Untuk perawatan sebaiknya kita pisahkan ayam yang sakit dari teman temannya, dan semua ayam kita berikan terapi yang sama untuk antisipasi. Semua ayam saya masukkan ke dalam kandang untuk sementara waktu.

Di hari ke 2 terpaksa tidak diberikan lagi karena stok daun dewa tidak mencukupi. Saya amati kondisi ayam belum menunjukkan kemajuan yang berarti.

Di hari ke 3 saya ke toko pertanian mencari obat ayam dalam bentuk serbuk yang dicampur ke dalam minuman, ternyata tidak tersedia. Ahirnya saya membeli obat T*TR*CHLO* dalam bentuk kapsul yang sebenarnya lebih tepat untuk ayam dewasa atau minimal usia 2 bulan.

Karena fisik ayam masih kecil, saya membuka cangkang kapsul menjadi 2 bagian. Selanjutnya di campur sedikit air dan sejimpit makanan padat. Kita campurkan dan kita berikan dengan cara di loloh.

Jika langsung diberikan dalam bentuk kapsul, selain dosisnya terlalu besar, anak ayam juga akan tersedak karena cangkang kapsul nyangkut di tenggorokannya.

Di hari ke 4 terlihat anak ayam menunjukkan kondisi yang membaik. Pemberian obat tetap di berikan 2x sehari.

Dan di hari ke 5 anak ayam sudah terlihat aktif dan langsung saya lepaskan.
Berikut videonya ya… Cara Merawat Anak Ayam yang Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *