Cara Mengatasi Lele yang Menggantung di Permukaan Air Kolam

Satu hal yang biasa menjadi pertanyaan sekaligus kekhawatiran peternak ikan lele yaitu ikan lele yang menggantung di bagian permukaan kolam. Lele yang menggantung atau hampir berdiri mengambang ini terkadang hanya sebagian saja, namun tidak jarang pada hampir seluruh permukaan kolam dipenuhi dengan lele yang sedang dalam posisi ini. Pada kolam yang berair transaparan tidak begitu keruh umumnya ikan lele akan berenang ke sana kemari atau cukup diam saja di bagian dasar kolam. Sesekali ikan akan naik ke permukaan air dengan cepat untuk kemudian kembali lagi ke bawah. Dugaan awal lele menggantung karena perut penuh akibat makan kekenyangan habis diberi pakan yang terlalu banyak. Jika ini yang terjadi, biarkan saja lele istirahat dulu nanti juga akan pulih dengan sendirinya.  Jika tidak, baru lanjut ke dugaan yang lain.

Kualitas air memburuk
Ikan lele yang menggantung diam ini belumlah tentu karena kondisinya yang sedang sakit. Lele yang menggantung bisa saja terjadi pada ikan yang sehat karena kondisi lingkungan kolam. Salah satu hal yang membuat lele menggantung adalah kualitas air yang buruk. Kotoran dan sisa metabolisme ikan akan memperburuk kualitas air kolam, juga sisa pakan. Kotoran yang membusuk akan salah satunya menghasilkan ammonia atau NH3 yang dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kematian ikan.

Konsentrasi ammonia yang tinggi mudah dideteksi dari bau kolam yang cukup mengganggu. Pada kondisi ikan menggantung seperti ini, pakan yang diberikan umumnya tidak akan direspon dengan baik. Sebelum pemberian pakan ada baiknya diberikan perawatan dulu agar ikan kembali segar dan lincah. Solusi awal yang paling mudah adalah dengan mengganti air kolam 50% atau hingga 70-80% dari volume air kolam jika sudah parah.

Solusi tanpa pergantian air dapat pula coba dilakukan. Ikan yang umumnya malas atau tidak mau makan ini sekalian dipuasakan dulu barang sehari semalam. Hentikan dulu pemberian pakan. Langkah lain yang dilakukan adalah dengan memberikan cairan probiotik merata ke dalam air kolam. Langkah ini dengan catatan tidak ada ikan yang terlihat mati. Dari pengalaman, probiotikpun tidak akan langsung bekerja cepat, memerlukan proses. Lebih baik mencegah dari pada terlambat, pemberian probiotik baiknya sedikit-sedikit tetapi rutin.

Ikan yang sakit
Setelah pergantian air namun ikan tetap saja menggantung dapat mengindikasikan ikan yang sedang sakit. Ikan yang sakit dapat dideteksi dari-tanda-tanda yang ada. Perut ikan yang membesar atau kembung dapat mengindikasikan lele sedang terserang penyakit. Selain perut kembung penyakit yang umum terkait kualitas buruk air kolam adalah timbulnya benjolan kecil-kecil di kepala ikan.

Pada tingkat benih, seringkali ikan menggantung disertai nafsu makan yang turun. Pada beberapa ikan bahkan terjadi tidak mau makan sama sekali. Benih seperti ini umumnya sulit ditolong dan banyak yang mati dalam keadaan perut kosong.

Jika belum terlambat, jumlah ikan yang sakit belum terlalu banyak. Ikan yang sakit baik diambil untuk dipisahkan dari komunitas kolam untuk diobati atau perlakuan yang lain. Untuk penyakit yang massal menyerang ikan, segera lakukan langkah identifikasi penyakit dan pengobatan. Obat-obatan berkualitas baik untuk penyakit ikan banyak diproduksi dan dijual di toko. Obat yang baik akan dilengkapi dengan indikasi penyakit, komposisi bahan obat, dosis pemakaian, cara pemakaian obat hingga waktu kadaluarsa.

obat-ikan-lele-pk

Pencegahan
Ikan yang menggantung selama berada dalam kondisi sehat masih dalam kewajaran. Permasalahannya ikan yang terlalu sering menggantung berarti terlalu sering pula pergantian air harus dilakukan. Untuk memperpanjang interval masa ini dapat dilakukan beberapa hal selain pergantian air. Gunakan probiotik yang mengandung pengurai ammonia seperti nitrobacter atau baccilus pada air kolam. Selain pemberian langsung pada air kolam, probiotik ada juga dijual untuk dicampurkan pada pakan ikan. Pola pemberian pakan yang baik secara terjadwal dan secukupnya tidak kekenyangan apalagi sampai bersisa.

Selain probiotik, bahan nabati tambahan dapat diberikan pada air kolam. Mengkudu atau pace dan daun pepaya banyak diterapkan peternak untuk kesehatan ikan sekaligus kualitas air kolam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *