Cara Persiapan Tebar Benih Ikan Lele Dumbo dengan EM4

Setelah kolam lele  selesai dibuat, aktivitas berikutnya adalah persiapan tebar benih ikan lele. Kolam yang sudah jadi diisi dengan air yang memiliki kualitas bagus misalnya air sumur. Untuk pengisian air tahap awal, ketinggian air cukup sekitar 30 cm saja. Hal ini dimaksudkan agar sinar matahari dapat masuk hingga ke dasar kolam dengan intensitas sinar yang cukup dan mikroorganisme yang diperlukan untuk komunitas kolam dapat tumbuh dengan baik.

Pemberian pupuk kandang dan EM4
Pemberian EM4 dimaksudkan agar bakteri yang terkandung di dalamnya berkembang dalam air kolam. Pilih EM4 untuk perikanan dan pertambakan. Kandungan bakteri ini nantinya akan bertugas menguraikan sisa-sisa pakan ikan dan kotoran ikan.

Dengan adanya mikroorganisme yang tumbuh dan mampu menguraikan kotoran sisa pakan, diharapkan akan mengurangi bau tidak sedap yang sering muncul dari air kolam lele.

Sebelum cairan EM4 dimasukkan terlebih dahulu kolam dipupuk dulu dengan pupuk kandang. Pupuk kandang dapat ditebarkan secara langsung jika kolam terbuat dari tanah. Untuk kolam terpal pupuk kandang dapat dibungkus karung dan ditali dengan dosis ukuran kisaran 250 gr – 500 gram tiap meter persegi luas kolam.

Selain untuk mengaktifkan EM4, fungsi pupuk kandang ini adalah untuk menyuburkan hewan-hewan kecil yang dapat menjadi tambahan pakan alami bagi ikan lele. Sementara untuk kolam terpal atau tembok, baiknya pupuk kandang dimasukkan ke dalam karung dan diikat, tidak ditebarkan secara langsung.

pemupukan-kolam

Dosis ukuran Pemberian EM4
Produsen memberikan anjuran untuk memberikan 4-6 liter EM4 untuk tiap hektar luas kolam. Jika diambil harga tinggi 6 liter per hektar, maka untuk tiap meter persegi diperlukan EM4 sebanyak:

6 liter/hektar
= 6000 milliliter/10000 meter persegi
= 6/10 milliliter/meter persegi
= 0,6 milliliter/meter persegi

Jadi untuk luas kolam 5 meter persegi misalnya, diperlukan cairan EM4 sebanyak:
5 x 0,6 = 3 milliliter

Sebagian peternak memberikan EM4 dengan cara diaktifkan dulu sebelumnya. Caranya ember diisi dengan air kemudian dimasukkan ke dalamnya cairan tetes tebu atau larutan gula kemudian cairan Em4 dimasukkan dan diaduk. Larutan ini kemudian dibiarkan barang semalam sebelum dimasukkan ke dalam kolam.

 Dibiarkan satu hingga dua minggu
Setelah pengaplikasian pupuk kandang dan EM4, kolam tidak langsug diisi dengan bibit ikan. Kolam dibiarkan dulu selama satu hingga dua minggu agar mikroorganisme tumbuh dengan cukup. Air akan berubah warna dari jernih menjadi warna kehijauan. Bibit ikan pun siap ditebarkan.

 Jumlah bibit ikan yang ditebar Vs ukuran kolam.
Praktisi ternak lele banyak memberikan saran untuk pemula, kolam ukuran 1 m x 1 m x 1 m atau seluas  1 m2 cukup diisi maksimum 300 ekor benih saja. Seiring dengan makin berpengalaman para peternak tingkat kepadatan tebar benih lele makin tinggi saja.

Berdasarkan pengalaman di lapangan, untuk kolam ukuran 4 m x 1 m x 80 cm masih mampu diberikan bibit sebanyak 1000 ekor. Bagi yang sudah berpengalaman mungkin berani memberikan bibit lebih banyak lagi. Tentunya dengan catatan, usia dua bulan harus sudah mulai dilakukan penyortiran dengan memanen ikan yang sudah layak konsumsi agar kolam tidak terlalu sesak.

Kolam yang terlalu sesak akan menurunkan daya dukung untuk kelangsungan hidup lele. Panen dengan penyortiran sendiri bisa dilakukan dua hingga tiga kali sembari dilakukan penyatuan ikan-ikan yang memiliki ukuran seragam dalam satu kolam.

17 thoughts on “Cara Persiapan Tebar Benih Ikan Lele Dumbo dengan EM4

  1. rendy

    Terima kasih untuk infonya. saya mau tanyakan tentang em4 untuk aplikasi bioflok, dosis em4 yang dibutuhkan berapa banyak

    Reply
  2. daunijo Post author

    Utk bioflok sy blm pernah coba mas, mgkn yg lain lebih tau,.

    Reply
  3. Slamet

    Pak saya mau tanya setiap dua minggu sekali apa kita wajib menggunakan Em4 di dalam kolam di dalam kolam sudah terisi ikan lele….. Tanpa menambah air…??? Jawab y…

    Reply
    1. daunijo Post author

      Kl sy tidak mas, krn selain langsung ke kolam di awal, sy jg campurkan lewat pakan, jd tidak lagi 2 minggu sekali.

      Reply
  4. Slamet

    Pak saya masi bingung pak pemakaian em4??? Kalo kita masukan 1 mililiter itu berbanding berapa liter air kolam terimakasi pak?? Mohon d jawab

    Reply
  5. Riyai

    Pak mau tanya..saya mau pakai em4 tapi tak tau caranya..soalnya kolam saya bau banget

    Reply
    1. daunijo Post author

      Kalo memamg bau kali baiknya air dikuras dulu sisain 20-30% lalu isi air lagi plus em4 nya, utk dosisnya kalo tak salah ada tulisan di botol. Kl sy meski pake em4 atau semacamnya tetep pake proses ganti air sebagian meski sedikit n jarang2.

      Reply
    1. daunijo Post author

      Bisa dicampur ke air bersih kmdn digunakan untuk membasahi pelet sblm dikasij ke ikan mas

      Reply
    1. daunijo Post author

      Kurang paham jg mas,.. Kl perkiraan saja pertama misal bakteri probiotiknya bnyk yg mati mk kolam akan kelebihan bahan organik dr bangkai bakteri yg mati itu kedua kl probiotiknya itu banyak bakteri aerob nya mk akan terjadi kompetisi oksigen dgn ikan, cmn kira2 aja mas ya.. Bs aja salah.

      Reply
  6. Brigitta

    Untuk ukuran kolam 2x1x0,5 idealnya bisa berapa ekor sampai masa panen ya?

    Reply
    1. daunijo Post author

      volumnya sekitar 1000 liter ya, bisa diisi sampai 500 ekor atau kurang dari itu lbh bgus

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *