Cara Membuat Rak Hidroponik Pipa Sistem DFT-NFT Modifikasi

daunijo.com- Rak hidroponik pipa dengan rangka dari kayu atau pipa lengkap dengan instalasi pipa cara terasering bertingkat (miring) banyak dipilih karena dapat memuat tanaman dalam jumlah banyak dan mampu menghemat lokasi. Perangkat dibuat dari bahan utama pipa pralon dengan fiting aksesorisnya. Bisa merakit sendiri karena mudah dan cukup sederhana.

Berikut ini salah satu cara pembuatan rak hidroponik pipa yang dibuat untuk keperluan hidroponik dengan sistem NFT atau DFT dengan air yang mengalir. Sumber listrik dan pompa air menjadi salah dua komponen utamanya.

Bahan

  1. pipa ukuran 3″ sebanyak 3 buah
  2. potongan pipa 2″ beberapa puluh cm
  3. oversok (verlop) pipa 3″ ke 2″ sebanyak 5
  4. knee (sambungan L) pipa 2″ sebanyak 5
  5. knee pipa 3″ sebanyak 1 buah (bisa diganti dengan tutup pipa atau dop 3″)
  6. tampungan nutrisi (ember atau tong air)
  7. selang air panjang 6 meter
  8. klem pipa 3″ sebanyak 9
  9. kayu ukuran 4 cm
  10. kayu ukuran 3 cm
  11. pompa air (pompa ikan, head sesuaikan tinggi rak)

rak-hidroponik-dft-nft-modifikasi

Model di atas dibuat untuk keperluan aliran nutrisi dalam atau DFT (deep flow technique). Cairan dalam pipa akan mengalir setinggi beberapa centimeter. Aliran listrik yang padam tidak akan menjadi soal karena air akan tetap tergenang di dalam pipa. Selain itu, netpot dari gelas bekas aqua yang direncanakan dapat masuk ke dalam hingga air menyentuh media tanam bagian bawah. Sumbu atau kain flanel tidak digunakan dalam model ini. Posisi horizontal pipa dibuat mendatar, sementara untuk susunan vertikal dibuat miring 30an derajad.

Pembuatan
-Rak atau rangka dari kayu untuk penopang pipa dibuat terlebih dahulu. Model di atas mengadopsi model rak jemuran yang bisa dilipat. Lebar dibuat sepanjang 350 cm untuk menopang panjang pipa 370 cm (ujung pipa bagian sambungan dipotong dulu). Tinggi rak posisi miring 180 cm. Untuk model vertikal kultur pipa dapat menempel pada tembok , rak kayu tentunya tidak diperlukan lagi.

-Buat lubang untuk netpot pada pipa-pipa. Jarak antar lubang disesuaikan keperluan. Untuk jumlah banyak bisa dibuat jarak antar pusat lubang 10 cm. Untuk keperluan ini bisa digunakan alat bor atau solder listrik.

pemasangan-pipa-nft-hidroponik

-Pasang pipa dengan klem pada rak kayu. Pada model ini posisi pipa dibuat mendatar tanpa kemiringan sehingga ketinggian air saat diam akan sama sepanjang pipa. Untuk keperluan ini, sebelum klem dipaku pada kayu bisa disetel dulu dengan cara pipa ditali atau digantung dulu dengan tali rafia ke palang kayu bagian atas. Pipa kemudian diisi dengan air hingga diperoleh posisi terbaiknya, air tergenang merata di sepanjang pipa pralon.

-Saat penyetelan sekalian dipasang oversok dan keni. Tidak perlu dilem saat pemasangan sambungan-sambungan ini agar kelak mudah dilepas. Sambungan yang presisi tidak akan bocor meskipun tanpa lem pvc.

-Pipa 2″ penghubung pipa atas dan bawah bisa dibuat sepanjang 30 cm. Setelah mendapat posisi yang tepat barulah dikuatkan dengan klem dan paku.

-Untuk mengalirkan nutrisi pompa dipasang dengan tambahan selang panjang ke ujung pipa paling atas. Setelah melalui jalur pipa aliran akan kembali lagi ke dalam tampungan. Untuk pipa berjumlah genap, 2, 4 atau 6, knee 5 bisa dipindah ke sebelah kiri dengan posisi wadah nutrisi yang tetap sehingga tidak perlu selang air yang terlalu panjang. Dari pompa langsung naik masuk lubang pipa atas pertama.

rak-hidroponik-4-pipa-pralon-pvc

Jika ketinggian pipa pertama dari bawah terlalu rendah, tampungan bisa diletakkan saja dalam lubang galian yang dibuat di dalam tanah. Jangan lupa untuk membuatkan tutup untuk wadah tampungan ini.

Kapasitas
Dengan jarak antar pusat lubang 10 cm, rak hidroponik dengan 3 buah pipa ini dapat menampung 111 lubang netpot. Jika dua sisi dipakai (depan belakang) dengan total 6 pipa dapat diperoleh kapasitas 222 lubang. Untuk 4 pipa sejumlah 148 lubang.

Aliran Tipis NFT
Untuk mengubah rangkaian di atas menjadi model NFT (nutrient film technique), dimana aliran dalam pipa tipis beberapa mili saja, penghubung pipa atas dengan pipa di bawahnya bisa diganti dengan knee 3″ saja. Air akan langsung mengalir tanpa tertahan sebagaimana jika dipakai oversok. Posisi horizontal pipa juga perlu diubah, sedikit miring selang-seling atas bawah sehingga air dapat mengalir dengan lancar.

Bentuk alas pipa yang melengkung akan membuat aliran yang tipis tidak menyentuh media tanam yang berada pada netpot beralas datar. Untuk itu biasa ditambahkan kain flanel sebagai sumbu penghubung media atau akar tanaman dengan larutan nutrisi yang mengalir. Model ini memerlukan listrik yang terus menerus karena air akan mengalir habis ke bawah saat tidak ada listrik atau pompa air tidak berjalan.

Dibandingkan dengan nft sistem yang diterapkan pada talang air, nft pada pipa ini masih kalah dalam ketipisan lapisan air mengalir. Bentuknya yang melingkar dibagian bawah membuat aliran air sedikit tergenang dibandingkan dengan talang yang memiliki lapisan datar. Dalam pembuatannya nft dari pipa jauh lebih mudah dan lebih flexibel dari talang air dalam penyusunan dan penyesuaian layout.

Kelebihan
Dibandingkan dengan model air tergenang atau diam, hidroponik sistem air mengalir mampu membuat pasokan oksigen terlarut yang lebih optimal bagi tanaman. Efeknya bobot tanaman menjadi lebih baik dibandingkan air sistem tergenang.

Selain itu model ini menghemat tenaga untuk mengisikan larutan nutrisi ke tiap-tiap tampungan karena tergantikan oleh kerja pompa air. Pengisian ulang cukup dilakukan di satu tempat, wadah tampungan nutrisi.

Anggaran
Perkiraan untuk  biaya anggaran (2015) atau budget dengan 3 buah pipa pvc kualitas D, sekitar Rp600.000 hingga Rp650.000. Untuk penggunaan pipa dengan kualitas di bawahnya biaya bisa ditekan menjadi sekitar Rp525.000 hingga Rp575.000.

Untuk lebih menekan biaya, penggunaan kerangka kayu bisa diganti saja dengan bambu, klem bisa diganti dengan tali-paku atau lilitan kawat-paku,  dan tampungan nutrisi tong bisa diganti dengan ember besar bekas cat. Pada sistem air dalam, komponen pompa bisa dihilangkan dan diganti dengan pengisian manual dengan air tergenang diam tanpa aliran.

Alternatif
Selain bentuk-bentuk di atas, dft atau nft pipa hidroponik sering dijumpai dalam bentuk berikut.

dft-nft-pipa-pralon

Dengan posisi pipa pada sistem hidroponik nft dibuat sedikit miring beberapa derajad sesuai dengan  arah aliran nutrisi. Pada dft, meski air dalam kondisi mengalir masih sering juga dijumpai jentik-jentik nyamuk yang dapat hidup di aliran hingga perlu mendapat perhatian.

hidroponik-dft-jadi

Contoh penggunaan rak kayu untuk pipa-pipa hidroponik air mengalir.

Kekurangan
Kelemahan model ini jika diperuntukkan hidroponik air tergenang tanpa pompa adalah kapasitas tampung air yang sedikit. Dengan sambungan perlop dari pipa 3″ ke pipa 2″ di masing-masing ujung membuat tingkat ketinggian air lebih rendah dari setengah diameter pipa. Hal ini membuat larutan nutrisi yang ada akan cepat habis saat tanaman tumbuh besar sehingga pengisian ulang akan menjadi terlalu sering. Solusinya, satu ujung dari pipa di masing-masing tingkat bisa diganti dengan dop atau tutup pipa saja sehingga mampu menampung larutan nutrisi yang lebih banyak.

Contoh Penerapan
Beberapa tambahan foto penerapan di lapangan di bawah ini mudah-mudahan dapat lebih memberikan gambaran.

rak-hidroponik-nft-10-pipa

Instalasi dengan kerangka besi bentuk terasering dengan 5 tingkat pipa di sisi kiri dan 5 di sisi kanan (10 jalur pipa). Sistem yang digunakan nft dengan pembagi nutrisi.  Instalasi juga menggunakan sumbu untuk tiap netpot. Untuk media tanam dipakai rockwol.

Jika yang saya buat di atas lubang pakai bor mata 2”, di sini ukurannya agak jauh lebih kecil nampaknya.

nft-netpot-sumbu

Input nutrisi di satukan di satu sisi. Nutrisi dari tampungan di bawah di salurkan dulu ke tabung pembagi. Kemudian melalui selang kecil-kecil nutrisi disalurkan ke pipa-pipa. Cairan nutrisi masing-masing lewat di satu jalur saja kemudian menyatu kembali masuk ke penampungan.

pembagi-nutrisi

Untuk tampungan sendiri saya perhatikan tidak terlalu besar. Bisa anda perkirakan sendiri seberapa besar tampungan untuk instalasi 10 pipa pada gambar.

tampungan-nutrisi-10-pipa

Untuk tempat tampungan dibuatkan lubang khusus di tanah untuk tempat tongnya. Menurut pemiliknya, selain agar dapat melayani pipa jalur terbawah juga untuk menjaga suhu larutan.

98 thoughts on “Cara Membuat Rak Hidroponik Pipa Sistem DFT-NFT Modifikasi

    1. Tri Adi Sugiarto

      bisa pake hole saw.. di tokopedia banyak yang jual saya dulu beli 100 ribu

      Reply
  1. daunijo Post author

    pake drill selebar pipa 2″ mas itu, cukup pas untuk gelas bekas aqua,. kl netpotnya kecil pake drill lebih kecil aja mas

    Reply
      1. daunijo Post author

        Isi sekitar 20 liter utk isi awal di ketiga pipa mas, plus sy pkai tampungan dari tong setinggi 70 cm diameter 35an cm, ukuran sedang, kalau menggunakan pompa untuk sirkulasi.

        Reply
  2. daunijo Post author

    air diberi nutrisi untuk hidroponik mas, atau bisa juga diambilkan dari air kolam lele, jadi akuaponik

    Reply
  3. Tiar

    kalau sistim NFT apa bila mati listrik gimana pump gak jalan . apa tdk pengaruh terhadap tanaman

    Reply
  4. daunijo Post author

    Pake genset mbak / skala besar, kl kelamaan mati ya layu. Kalau pakai media rockwool yang agak besar mati listrik sebentar tidak masalah krn simpanan air dalam rockwoolnya.

    Reply
  5. M. yusro ahmad

    Sama mas saya juga pakai air kolam juga nutrisi nya tapi untuk hidroponik botol itu mas

    Reply
  6. Agus Samsul

    Assalamualaikum….
    Mau tanya mas…
    Apakah air yang ada diwadah penampung yang telah dicampuri larutan nutrisi untuk sirkulasi nya perlu diganti, jika perlu… berapa hari atau minggu sekali ya..?
    atau mungkin cukup menambahkan dengan air yang bernutrisi saja jika air diwadah penampungan sudah mulai berkurang..?
    mohon penjelasannya Mas..

    makasih sebelunya

    Batam, 29-05-2016
    wassalam….
    🙂

    Reply
  7. daunijo Post author

    waalaikum salam,..
    di praktek kami air ditambah saja mas tidak diganti, gantinya waktu habis panen sekalian bersih-bersih pipa,…
    batamnya batuaji, mukskuning, sekupang apa nongsa mas hehe…

    Reply
    1. Anta maulana

      Saya batuaji blkng pom temiang lgi ada rencana buat hidroponik bang,lgi bljar nih sy bang tnggal di batam mn sy mau survei hidro ny biar sy bisa buat jg…
      Mnta no hp ny donk bang biar bisa saya hub

      Reply
      1. daunijo Post author

        Dulu di Golden Land batam center mas, skrg dah pulang Surakarta kok,..

        Reply
  8. Mamit

    numpang share.. ya yg ideal brpa panjang paralon nya tiap satu modul.. trs gmn pemberiann nutrisi nya pda tanaman yg di ujung krn mngkin tlh d ambil nutrisi nya yg lbh awal.. trima ksh

    Reply
  9. Ozie Post author

    tentunya disesuaikan tempat yg tersedia jg, yang sy lihat di kebun hidroponik daerah solo (fajar indah), panjangnya dapat terdiri dari 3-4 buah pralon. Kl satu pralon ukuran 4 m jadinya bisa sepanjang kurang lebih 12-16 meteran. Pertumbuhan tanaman relatif seragm. bagian atas diberi atap (modal gede,..)

    Reply
  10. Irvan

    Pompa air kan cma udara saja Trus apa bs mengalir itu gan.ini alamatny dmn ya kog pengen liat lgsg aku gan…prosesny

    Reply
  11. daunijo Post author

    Pompa air akuarium bs ngankat air kok mas, jd bkn udara saja /aerator. Kl liat contoh yg lbh bagus di daerah solo di perum fajar indah colomadu ada, gapura masuk lurus mentok trs kiri dikit kanan jalan dah keliatan, area luas,.

    Reply
  12. Adriansyah

    Keren tulisannya Mas Bor, memberi inspirasi untuk saya memulai hidroponik, terima kasih banyak Mas Bor

    Reply
  13. addy

    bro kalo pake dinamo rakitan untuk pompanya pake tenaga baterai bisa gak yah

    Reply
    1. daunijo Post author

      Dinamo dc yg mini mas kl pakai baterai, tp mudah soak kyknya

      Reply
  14. arthur nainggolan

    Sungguh saya pemula dan ingin geluti hidroponik……Mohon bantuan, masih bingung dengan instalasi maklum new comer .
    Terimakasih penjabarannya.

    Reply
  15. dajo

    Modelnya memang banyak dan beda-beda (juga modalnya hehe), bagus dapat melihat langsung jadi tau yang sesuai…

    Reply
  16. agus widodo

    Ok thanks infonya, mudahan bermanfaat dan sukses selalu.. Amin..

    Reply
  17. Imam mujianto

    Kalo paksi air kolam apa perlu di tambah nutrisi juga ,klo iya apa nutrisi tdk bahaya dgn ikan /tdk beracun pd ikan….rencana kolam lele atasnya di kasih hidroponik

    Reply
  18. daunijo Post author

    air kolamnya bisa dipindah tampung tempat sendiri mas, jadi ga pengaruh ke ikan. kl yg model aquaponik instalasi langsung sambung ke kolam biasanya tak pakai tambahan bhn kimia, jd aman buat ikan. Kolam lele buat aquaponik bagus mas, nutrisinya banyak.

    Aquaponik kolam lele

    Reply
  19. Karaeng

    mas sy pemula nih…
    kalau sistem piramid 14 batang pipa diameter 3″ panjang 4 mtr itu butuh pompa airnya kekuatan brp mas trus penampungnya sebesar apa tuh…

    Reply
    1. daunijo Post author

      Untuk 14 pipa dan kekuatan pompa sy tak ada referensi mas, tapi di postingan sy tambahkan foto-foto sistem 10 pipa piramida dgn sistem nft sbg gambaran saja. Tampungan dapat dilihat tidak terlalu terlalu besar kok, kurang lebihlah dengan yg 14 pipa.

      Reply
  20. ardinata

    pak mesin hidroponik yang awet pakai apa pak mohon infonya,untuk ketinggian 3 meter nft bertingkat, pakai mesin merek apa pak

    Reply
  21. daunijo Post author

    mungkin ada teman2 yang lebih tahu?

    Krn sy cmn pk pompa akuarium jd ga bs kasih banyak gambaran mas

    Reply
  22. Tanto Haryanto

    Pak, saya bingung cara membuat tampungan di atas untuk sistem nft alternatif. Mohon bimbingannya.

    Reply
  23. daunijo Post author

    Untuk tampungan pembagi mas ya? Itu dapat dibuat dari bhn yang sederhana saja kok. Ada yg buat cukup dari bekas tempat kue (toples bahan plastik). Dindingnya di beri lubang kecil-kecil kemudian diberi selang kecil2. Agar tak bocor di bekas lubangnya bisa dilem.

    Reply
  24. AGA

    maaf mas
    kalau pakai NFT kn setelah tumbuh daun 3-4 HSS Trus dtruh sistem NFT akarnya kan belum panjang mas trus bagaimana cara akar itu menggapai nutrisinya sedangkan aliran nutrisi cuma 3-4 mm apakah netpotnya nempel di pralon supaya kena nutrisinya atau bagaimna mas soalnyaa saya mau coba skrng lg pakai WICK biasa lumayan berhasil mas
    mohon infonya

    Reply
    1. daunijo Post author

      Yang instalasi 10 pipa di contoh itu juga pakai sumbu kok mas (gambar ke-3 dari bawah) jd nutrisi tetap bs naik, memang agak merepotkan sih hrs pasang sumbu satu2, tp memang seperti itu yang dipakai di sana.

      Reply
  25. AGA

    kalau tidak pakai sumbu gk bisa ya, n saya permhkiat ada fto sistem NFT tp lngsung dimasukkan aja tnaman yg udah tumbh 3-4 daun plus rokwol lngsung ke PVC jd air mngalir kena rockwolnya itu gimna ya,,itu yg buat saya bingung,,

    saya dari sragen

    Reply
  26. daunijo Post author

    Bisa tanpa sumbu jg yang penting air bisa tetap naik mas… Media rockwoolnya bisa langsung diletakkan di aliran nutrisi. Yg model spt itu umumnya nft pakai talang air mas. Kl saya pake aliran agak tinggi, jd tanpa sumbu aliran dapat menyentuh media.

    Reply
  27. AGA

    agak tingginya berapa y mas,

    jadi kalau nempel talang ntr akarnya gk
    kebawah tp tersebar dong,,

    Reply
  28. AGA

    kalau untuk NFT Pralon Menrut abda bgus pakai sumbu atau tidak dan kelurangan atau kelebihan pkai pralon dan talang,
    terima kasih

    Reply
  29. Fawzi Post author

    -Kl yang pipa yg pake sumbu rockwoolnya bisa lebih irit mas. Sy lihat rockwoolnya hanya potongan2 kecil banget sekitar 1-2 cm saja tp hrs ada netpot jg. Mmg repot sih pasang sumbu segitu banyak. Tp di tempat praktisinya itu jd bagian untuk pekerjaan karyawannya mas hehe,..
    -Kl yang taruh rockwoll langsung di pipa tanpa sumbu, rockwolnya agak besar biar bs berdiri. Jd boros di rockwol
    -Tp kl pakenya pipa krn bawahnya sempit dan agak melengkung kmgkinan air jadi agak tergenang krn menutupi aliran, jd gak tipis lagi alirannnya. Lbh cocok pake yang talang mas krena cukup lebar jd air tidak menggenang tinggi.

    Reply
  30. AGA

    oke mas,,bermanfaat sekali infonya,
    kalau musim hujan harusnya gimana mas apakah dibiarkan kehujanan atau gimna,,
    trus NFT itu pompanya hidup/nyala berapa jam mas,,

    Reply
  31. daunijo Post author

    Bagus dikasih atap mas, kalau panas tidak terlalu jg waktu hujan jg ga repot. sy tanam tanpa atap repot sekali kalau habis hujan. Tampungan penuh sama tanaman pada rubuh daunnya pun pada sobek2 terutma kalau tanam selada.

    Kl masalah penyalaan pompa ni sy belum pernah bandingkan mana yg terbaik mas, apakah yang siang hari saja, 24 jam atau yang pake timer. Kl sy krn lebih sering pake model dft hanya siang hari saja mas,.. agak hemat di listriknya

    Reply
  32. AGA

    untuk puncahayaan/sinar matahari sehari berapa jam atauaturannya gimana mas,, dan untuk mas nya alamatnya dimna mas siapa tau saya bisa belajar langsung atau tau yg punya hidrpponik daerah SOLORAYA jateng mas mohon infonya,,

    Reply
    1. fxwzy

      Kl yang dekat Sragen jalan2 ke perum Fajar Indah Colomadu Solo saja mas, ada kebun hidro besar Hydroponics Farm/Garden Center namanya “Bakoel Sayur”, dari gerbang fajar indah masuk mentok, trs kiri dikit dah sampe. Kalo pas ketemu pemiliknya bisa tanya2 mas ga pelit bagi ilmu + ramah, sayang sy lupa namanya,..Kl dulu ada jual alat2nya juga

      Reply
  33. regenr

    Campuran nutrisi nya apa aja Pak…trus ukuran / kadar nya per liter air nya …bisa di buat calculasinya Pak…?

    Reply
  34. fxwzy

    -Nutrisi pupuk khusus untk hidroponik ky ABmix. Sebenarnya ada ukuran tertentu krn tiap jenis tanaman memerlukan kepekatan yang beda2 yang bisa diukur pakai TDS / EC meter. Kl tidak ada alat ukurnya biasanya main umum saja 5 ml pekatan untuk 1 liter air.

    -Untuk tabel kepekatan nutrisi beberapa jenis tanaman bisa mampir blognya denmas-kenthus kyaknya cukup lengkap:

    derajat-keasaman-dan-kepekatan-larutan

    Reply
    1. daunijo Post author

      Kl di pipa tanpa sumbu agak susah mas kl mau bener2 nft, kl pk netpot umumnya aliran tidak terjangkau media. Diletakkan langsung seperti ini mungkin bisa jg,

      dengan air jadi agak tergenang. Sy sendiri belum coba yang spt ini.

      Reply
  35. AGA

    kalau punya masnya pakai sumbu y mas,,kalau pakai sumbu fto dalamnya gimna mas???trus kendalanya apa saja

    Reply
  36. daunijo Post author

    Kalau pake sumbu harus ada netpot, kendalanya kalau lubang tanamnya banyak kadang malas pasangnya.
    Sekarang lg pake yang air diam saja ndak pake aliran mas, pompa rusak hehe
    Kl pake aliran yang agak tinggi pake seperti ini bisa mas, pokoknya tinggi aliran bisa sampai netpotnya.

    >
    Media sy pakai sekam bakar saja lebih murah, ga pake sumbu.

    Reply
  37. uus triana

    Mau nanya kalo sistem nft boleh kena ujan ga sih…??klo kena ujan apakah air nutrisinya ga berubah …??makasih…

    Reply
  38. fxwzy

    Kalo kehujanan nutrisinya jadi encer mbak, atau malah bs terlalu asam kalau hujannya asam.

    Reply
  39. Djaka surojo

    Mau tanya kalo airnya pakai air kolam lele apakah masih pakai nutrisi ABmix? trimakasih

    Reply
    1. yubert

      Air kolam ikan bisa di pakai untuk menggantikan nutrisi organik (AB Mix dll) namun di perhatikan juga seberapa banyak kandungan nutrisi dan ph air kolam ikan anda, karena jika kekurangan dan berlebihan berdampak kerusakan bagi tanaman hydroponik anda.

      Reply
  40. yubert

    Berapa ph air nutrisi yg baik bagi tanama sayuran dengan hidroponik sistem NFT? dan apa yg membuat daun sayuran menjadi kekuningan? Trims ya mas dan ditunggu jawabannya.smga jwbnnya meringankan dan mempermudah kinerja saya.

    Reply
  41. Fathur

    Mas untuk tinggi segitu pakai pompa model apa? Bisa ga pakai pompa yang h maxnya 0,5 atau 1m?

    Reply
  42. yoyon

    Mas kalau sistem aquaponik selain kolam ikan lele, bisa ga menggunakan kolam ikan nila, apakah ada bedanya?
    Dan apakah perlu menggunakan atap? Mksh mas.

    Reply
    1. daunijo Post author

      Sy rasa bisa juga mas, karena ada yang pakai ikan koi juga. Beda mungkin di jumlah kotoran yang dihasilkan mgkn.

      Reply
  43. greter

    Saya lihat gambar instalasi diatas kalau dr pompa menuju penampungan baru dibagi ketiap tingkatan paralon,kalau misalnya saya membuat model rangka segitiga 6 tingkat x 2 meter panjang paralon x(2 sets)susun tegak tanpa selang pembagi.apa berpengaruh nutrisi yg di dapat di tanaman paralon paling bawah? Trimakasih

    Reply
  44. daunijo Post author

    Untuk soal ini sy tdk bs menjawab, mgkn perlu bbrp parameter apkh debit aliran, konsentrasi nutrisi, suhu, & ph di awal dan akhir rangkain terjd beda yg signifikan akibat panjang lintasan. Kl dr segi kepraktisan dr model diatas saat salah satu tingkat sedang tdk digunakan mgkn lg pembersihan atau perbaikan, salurannya tinggal dtutup saja tanpa mengganggu yg lain.

    Reply
    1. daunijo Post author

      Untuk nutrisi alternatif sy blm banyak coba mas, sy baru cb dari fermentasi daun/sayuran, hasilnya mash kurang memuaskan.

      Reply
  45. nano ernadi

    mas saya mau bikin seitem yg segitiga tingkat 6
    berapa cm tinggi tingkat 1 ke 2

    Reply
  46. Andi

    Untuk mengalirkan/ menyalakan pompa air kira2 berapa jam sekali Mas dlm sehari?

    Reply
  47. Alx

    Beli selang kecil2 hitam itu dimana ya..Plus sambungan drat untuk menghubungkan ke tabung inti

    Reply
  48. Fank's

    Mas saya pemula nih,mau tanya bagaimana cara membuat stoper nya agar air bisa tertampung di setiap pipa,mudahnya byar pipa bisa mnyimpan air….

    Reply
    1. daunijo Post author

      Pakai perloop dr pipa yg lebih besar ke pipa lebih kecil mas, otomatis air sbgian akan tertahan.

      Reply
  49. nyamun barata

    bang mhon petunjuk …sya dri marinir dalam waktu luang pingin banget nanam melon sistim polibek ato karung …mhon arahan untuk penyiramanya air nutrisi itu terus menerus apa ada jedah hari n pola pasang selang air itu biar lelmbat sm aiar nutrisi sama tdk ….soalnya aq belum tahu bang aq bayangin klo air nutrisi trus menerus kan berati ada bak penampung nutrisi n kadar kelembaban jika air nutrisi kan kurang …maksudx apa tetap ada penyiaran air bisa jga di media tanahnya…mkasih ya bang mhon bantuanya ,,,,sya dinas di kupang nusantengagara timur

    Reply
  50. nyamun barata

    maksudx pemasangan selang kecil per satu media apakah jg disiram air biasa ato semua hanya air nutrisi ya bang bantuanya mhn di info

    Reply
    1. daunijo Post author

      Untk sistem karung atau bnyk polibag blm ada pnglmn bang, coba nanti sy simpulkan dr bacaan2 yg ada

      Reply
  51. Dita

    Asslm,..
    Mau nanya Mas
    Kalau nanem selada pake netpot sumbu, itu bagusnya netpotnya sampe tenggelam apa ngga nyentuh sama air?

    Reply
  52. daunijo Post author

    Umumnya netpot nggantung diatas mbk maka trs dberi sumbu

    Reply
  53. Sam Lotu

    mas.. Apakah dengan menggunakan media “sekam yang sudh dibakar” itu tidak mengganggu konsentrasi larutan nutrisi yang melewatinya, karena kandungan karbonnya itu?

    Reply
    1. daunijo Post author

      Untuk pengaruh ke konsentrasi larutan kurang paham juga mas, kl prakteknya untuk beberapa tanaman yg sy tanam dgn sekam bakar dapat tumbuh cukup baik. Baca2 kalo Carbon itu termasuk “inert” mas ya? Krg paham juga sih.

      Reply
  54. dwi

    Kalo tanamannya berbeda, di tabel PH untuk tiap tanamannya punya PH masing2. NAh trus di pipanya membuat PHnya jadi beda2 untuk tiap tingkatny bagaimana caranya pak. Terimakasih sebelumnya. dwi

    Reply
    1. daunijo Post author

      Idealnya satu jenis tanaman memiliki instalasinya sendiri2, kl sekedar hobi campur2 tanaman yg nilainya dekat2.

      Reply
  55. Ludi

    Assalamualaikum wr. wb
    Mas saya mau tanya, saya lagi coba hidro ponik sistem dft, untuk alas netpotnya tergenang seberapa kira-kira? Soalnya saya pake paralon 3″ dengan penghubung paralon atas bawahnya sama dop dilubangi dan disambung1/2″
    Terimakasih

    Reply
    1. daunijo Post author

      waalaikumsalaam
      kalau netpotnya bisa agak menggantung, 1 cm pun cukup mas,..yang penting air bisa naik ke media tanam.

      Reply
  56. Dipo

    Mohon infonya Pak sebaiknya jarak antar lubang dengan pertimbangan agar lebih byk tanamannya brp cm ya Pak?

    Reply
    1. daunijo Post author

      Jarak lubang sebenarnya tergantung jenis tanaman sih, untuk praktisnya bisa di bikin deket2 aja, misal dari titik tengah lubang ke titik tengah berikutnya 10 cm atau kurang, jd untuk tanaman yang tidak perlu jarak terlalu jauh macam kangkung bisa kepakai semua. Kalau ganti tanaman yg perlu jarak agak jauh, tinggal dikosongin 1 atau 2 lubang. Tp kembali ke selera masing2 juga sih..

      Reply
  57. Andi Marwah Bakri

    Salam, maw nanya dong saya kepengen tanam selada dng sistem nft mas, kalo untuk 1 paralon isi 20 lubang total paralon 25 jd kira2 untuk 500 tanaman mas kira2 kecepatan rpm nya brapa yah???

    Reply
  58. Rika

    Mas jarak tinggi dari pipa baris bawah ke pipa atasnya brp cm. Dan rak segitiga bagusan miring sedikit yg ngga makan ruang atau miring banyak

    Reply
    1. daunijo Post author

      masing2 punya kelebihan kelemahan ya, kl terlalu tegak irit ruang tp sinar kurang optimal, kl terlalu lebar sinar bagus tp boros ruang gan

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *