Cara Menetaskan Telur Ayam Kampung dengan Induknya

Menetaskan telur ayam kampung atau ayam buras kini lebih banyak dilakukan dengan menggunakan mesin penetas. Hal ini terutama dilakukan oleh peternak yang atau penjual bibit ayam kampung dalam jumlah besar.

Di kampung-kampung sendiri, ayam kampung lebih banyak ditetaskan dengan dengan cara tradisional pengeraman oleh induk ayam. Jumlah yang tidak begitu banyak, tidak perlu repot dengan urusan listrik dan mesin tetas, juga banyak yang masih percaya pengeraman oleh induk ayam lebih alami dan menghasilkan kualitas anak ayam yang lebih baik.

Kualitas Telur yang Baik
Telur yang akan ditetaskan harus berasal dari ayam betina yang ada jagonya. Ayam betina tanpa jago tetap dapat bertelur namun tidak akan jadi jika ditetaskan. Telur dapat berasal dari induknya sendiri atau ditambahkan telur dari ayam lain hingga jumlah yang ditetaskan dapat optimal. Cari ukuran telur yang normal, tidak di bawah rata-rata ataupun terlalu besar (telur kembar). Telur tidak berlubang, pecah  atau retak-retak.

Jumlah Telur
Agar telur dapat dierami induk ayam dengan baik, jumlahnya janganlah terlampau banyak. Cukup 10 hingga 12 telur yang umumnya masih dapat ayam mengerami dengan baik, meskipun ada faktor juga besar dan kecilnya induk ayam yang sedang mengeram jika anda ingin menambahkan jumlah yang disebutkan tadi.

Sarang yang nyaman dan aman
Siapkan sarang yang nyaman buat ayam mengeram. Ayam kampung sepertinya bukan tipe unggas pembuat sarang yang baik. Ayam akan menggunakan sarang yang  disiapkan di dalam kandang. Untuk alas dapat dibuat dari jerami padi yang kering atau merang padi. Tempat mengeram dibuat agak dalam dan luas agar telur tidak mudah terjatuh keluar sarang. Agar sarang ayam tidak dihinggapi gurem, dapat diberikan irisan daun tembakau sekitar sarang.

induk-ayam-mengerami-telur

Ruang khusus
Tempatkan ayam penetas dalam ruang khusus yang tertutup agar terhindar dari gangguan ayam lain. Termasuk juga dari gangguan ayam jantan dan hewan lain. Agar ayam tidak terlalu sering meninggalkan sarang, dapat disediakan saja pakan dan minumnya di dalam kandang. Pemberian pakan basah hendaknya dikontrol dengan baik, ayam yang sedang mengeram akan berkurang nafsu makannya.

Pengecekan Telur
Tidak semua telur yang ditetaskan dapat berhasil dengan baik. Jika telur yang tidak memiliki harapan menetas dapat diketahui lebih awal, tentu lebih baik. Caranya dengan diteropong atau diterawang dengan menggunakan kertas gelap yang digulung. Telur diletakkan diujung teropong dari kertas ini kemudian diarahkan ke sinar matahari atau sinar lampu sambil diputar-putar. Pejamkan salah satu mata dan mata yang lain yang terbuka untuk melihat di ujung teropong agar lebih fokus.

Jika terlihat ada calon embrio yang ditandai dengan semburat merah dan adanya seperti gumpalan darah, pertanda telur dapat menetas. Jika tidak, segera diapkir saja. Jika belum terlalu lama dierami masih bisa dimanfaatkan untuk konsumsi. Namun jika ragu, telur apkiran tetasan ini dapat dijadikan pakan tambahan saja untuk ternak peliharaan yang lain.

Telur-telur ayam kampung ini akan menetas dalam waktu lebih kurang 3 minggu atau 21 hari.

Galak
Tidak seperti pada mesin tetas, telur ayam ini tidak perlu dibolak-balik. Secara alami ayam akan membolak-balik telur dengan menggunakan paruhnya dan sering kali mengubah posisi telur untuk meratanya panas. Apalagi induk ayam yang sedang menetas umumnya akan menjadi agresif. Anda bisa kena patuk bila dekat-dekat dengan induk ayam ini.

Di akhir fase penetasan, sebagian besar cangkang telur dapat pecah dan anak ayam keluar dengan sendirinya. Namun terkadang ada satu atau beberapa telur yang anak ayam di dalamnya terlalu lemah tidak mampu memecah cangkang telur. Anak ayam ini akan perlu sedikit bantuan agar dapat keluar dari dalam telur.

Untuk pembesaran ayam kampung, alternatif pakan tambahan berupa eceng gondok dapat diberikan sebagai pakan tambahan seperti dalam video berikut ini.

Bisa Telur Jenis Lain
Selain telur ayam kampung telur jenis lain bisa juga ditetaskan dengan pengeraman ayam ini. Telur bebek, entok / mentok, ayam bangkok, ayam pelung, burma, setahu saya dapat menetas.

Untuk ayam hias ringneck yang memiliki postur tubuh dan ukuran telur lebih kecil kita bisa menggunakan ayam kate atau ayam serama untuk pengeraman telurnya. Di tempat teman saya dengan cara itu telur ringneck bisa menetas.

36 thoughts on “Cara Menetaskan Telur Ayam Kampung dengan Induknya

  1. ilham

    terima kasih atas pemberitahuan nya yaa

    Reply
  2. doni

    Mantap infonya

    Reply
  3. Iwan

    Kalau telur dara bagaimana bakal menetas ?

    Reply
  4. kim

    Ayam saya baru menetas. Dari keseluruhan 10 telur yang menetas hanya 2. Sisanya hancur sama si induk
    kenapa bisa begitu ya ?

    Reply
    1. daunijo Post author

      Kl induknya spt itu begitu netas lgsg diambil aja trs kasih lampu..

      Reply
    2. simon

      Itu terjadi, karna anak pertama dan yg kdua mnetasnya hampir berdekatan bisa di bilang selisih satu hari, nmun ke telur yg ke 3 dan telur seterusnya jarak mnetas mncapai 4-5 hari lbih, ini membuat ank yg mnetas terlebih dahulu tadi sdh minta mkan terhadap induk, jd induk ayam akn lebh sdh fokus dan mengutamakn terhadap yg sdh menetas untuk diberi makan, terkadang sarang mengeram tadi di ceker2 untuk mncari mkn, yg mmbuat telur lain rusak atau pecah, atau terkdang ank ayam sndiri mau kluar dr angkraman krna lapar jd membuat induk hrus mninggalkn telur nya yg belum menetas, itu alasannya

      Solusinya kedepannya , ambil anak ank ayam yg satu hari baru mnetas, buat di kandang sndiri, letakkn kndang dalam ruangan dan buat lmpu pijar 7-10 watt( bkn lampu led skrang) untuk penghangat…

      Semoga bermanfaat

      Reply
      1. daunijo Post author

        Thanks infonya mas Simon…

        Reply
        1. daunijo Post author

          Kdg netes selisih 1-2 hari mas, dtunggu dulu aja.

          Reply
  5. Agung prasetya

    Tapi ayam saya lagi ngeram saya pegang ngak pernah di patuk malahan ayam nya nurut ama saya

    Reply
    1. daunijo Post author

      Ayamnya pinter n ramah tu mas he2

      Reply
  6. awal

    Bagamana lok ayam mengerami telur sampai 20 butir apa bisa menetas…

    Reply
    1. daunijo Post author

      biasa 10-12 telur mas, kalo 20 blm pernah lihat.

      Reply
    2. simon

      Bisa mas, tp yg mnetas tidak bisa semua, krna telur2 ayam tdk dpat di erami secara utuh, krna akn ada kluar sedikit telur dr badan induk nya, mmbuat telur tdk rata di erami…

      Reply
  7. Adhe

    Mohon info nya.saya beli ayam kampung biang cewean..kata yg punya ayam nya lagi cari sarang 2-3hari uda nelur..ternyata bener nelur dalam 2hari.tapi pas nelur yg ke 3 butir yg 1 butir nya pecah..nah skrng telur nya 8 dan pecah lagi 1 jadi sisa 7..pertanyaannya itu gmna ya mas kok bisa pecah..ada solusiny ga..terus telur yg tersisa bakalan jadi anakan ga ya.makasih mas info nya sebelumnya..

    Reply
    1. daunijo Post author

      Pecah terjatuh, dipatuk ayam ato krn terlalu tipis kulitny (ayam muda) mas?

      Pejantan ga da lg ya? Kl mnrt temen yg ternak ayam, kl dikawinkan sekali, sampai telur 4-6 yg mgkn masih bs netas mas. Tp sy blm buktikan sendiri ya,..

      Reply
  8. Surianto

    Pagi mas bisa tdk ayam kampung mengerami telur ayam buras ?

    Reply
    1. daunijo Post author

      Bisa mas, tp ayam kampung bukannya trmasuk buras juga ya?

      Reply
  9. Karim

    Iya dong

    Reply
  10. Achmad fauzan

    kalok telur ayam bangkok di engkrami ayam kampung apa bisa menetas tolong jawabannnya secepat mungkin

    Reply
    1. daunijo Post author

      Bisa mas, telur bebek, telur entog, ayam pelung, burma, juga bisa pake pengeraman ayam kampung

      Reply
  11. bambang suprihadi

    tks. Infonya…campuran makanan tambahan berupa eceng gondok apa aja vidionya ga ada penjelasan

    Reply
  12. bambang suprihadi

    tks infonya . makanan tambahan eceng gondok dicampur apa aja vidio ga dijelasin

    Reply
    1. daunijo Post author

      Bekatul + BR aja mas itu.

      Reply
  13. hendra

    Mf mas..ayam sya dh mengerami satu bulan ko blm jg menetas..apa sampai dua bulan baru netes.?

    Reply
    1. daunijo Post author

      21 hari mas krg lebih, mungkin telurnya gak terbuahi pejantan

      Reply
    2. simon

      Di coba ambil satu, di goyang dekat telinga, apakah goncangan sprti air atau padat mas…

      Semoga membantu

      Reply
  14. idam

    klw ayam kampung baru pertama kali bertelor. berapa kemungkinan yang bisa ditetaskan ?

    Reply
  15. siswanto

    Ayam saya bertelur 8,tpi tadi yg menetas cuma 4,apakah yg 4 telur itu akan menetas di lain hari atau sudah tidak bisa menetas dan sudah busuk telurnya..

    Reply
    1. Indra

      Berapa lama total hari ayam kampung sejak telor pertama sampai telor terakhir keluar sampai menetaskan ??

      Reply
  16. Asep

    Mas saya mw tanya klo induk ayam matukin trus telurnya tuh penyebabnya apa ya?

    Reply
  17. Asep

    Setiap brrtelur mesti telurnya di patukin. Padahal kayaknya gk ada masalah. Dan 1 lg induk ayam ko terlht galak/pemberontak itu knp ya mas makash sblumnya

    Reply
  18. daunijo Post author

    Krg tau Persis mas, TP coba dikandang dikasih batu-bata n pasir kasar dlm kandang, kl ayam yg diliarkan waktu disembelih sering ketemu kerikil2 kecil Di dalemannya, mgkn utk Bantu pencernaan dia.

    Reply
  19. Yasir

    Saya beli ayam kampung sepasang beberapa hari yang lalu.. setelah beberapa lama bertelur… kok sang induk ga mengerami telur2nya ya? Kenapa ya?

    Reply
    1. daunijo Post author

      jumlah telurnya sudah berapa mas?

      Reply
  20. Supri

    Mas admin sya mw naya ayam saya kan ada 2 betina zago 1 trus ayam betina pelung sya bertelur dan gk lama betina bangkok bertelur jg disarang yg sma trus klanjutan nya bagaimana itu mas.. Apa 2 betina mngerami dgn satu sarang atau dipisahkan atau bagaimana mas admin tlong jawaban nya.. Trims

    Reply
  21. daunijo Post author

    tergantung jumlah telurnya mas, kalau nanti lebih dari 10 bagus dipisah saja, lbh besar peluang netasnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *