Cara Setek Batang pada Tanaman Binahong 3 – 4 Hari Tumbuh

daunijo.com- Tanaman binahong termasuk salah satu tanaman obat yang banyak ditanam orang. Tanaman ini tumbuh merambat sehingga baik jika dibuatkan tempat rambatan atau para-para. Jika tidak rambatkan saja pada pagar bambu di rumah jika ada. Tanaman berdaun hijau hingga kemerahan dengan batang yang lunak. Tanaman ini bisa berbuah juga selain ada pula umbinya. Jika Anda membutuhkan tanaman ini secara sering ada baiknya menanam sendiri saja.

Tanaman mudah sekali dan cepat dikembangkan cukup dengan setek saja. Dalam waktu 3 atau 4 hari setelah setek anda lakukan tunas baru akan tumbuh. Setek tanpa perlakuan khusus seperti penambahan ZPT ataupun penyungkupan. Langsung tancap saja dalam media tanah.

Berikut ini dokumentasi proses setek pada tanaman binahong yang pernah dilakukan daunijo. Ambil beberapa batang dari tanaman ini sepanjang 10 cm hingg 15 cm cukup. Pengambilan tentunya jangan dipangkal batang atau pada batang utama karena akan menyebabkan kematian pada sisa panjang batang yang lain setelah dipotong. Ambil agak-agak di atas hingga tidak menganggu pertumbuhan sulur tanaman yang berhubungan langsung dengan batang yang terpotong.

buah-dan-daun-binahong

Binahong, salah satu tanaman pekarangan yang berkhasiat obat.

Siapkan wadah dan media, bisa polibag, pot atau cukup bekas gelas aqua secukupnya. Wadah diisi dengan media tanah jika ada dapat dicampur kompos. Jika tidak tanah sekitar pekarangan rumah sajapun memadai.

setek-binahong

Setek Binahong, mudah dan cepat.

Tanam batang-batang binahong yang telah disiapkan untuk setek. Jangan sampai terbalik ya. Untuk setek batang, bagian yang berusia lebih tua berada di bawah. Lain halnya jika anda melakukan setek akar seperti misalnya pada tanaman sukun. Pada setek akar, akar yang usianya lebih muda akan berada di sebelah bawah. Siram dan rapatkan media dengan baik. Tempatkan di tempat yang agak terlindung sementara waktu.

setek-binahong-tumbuh-5-hari

Setek binahong 5 hari, tunas baru sepanjang 2 cm.

Dalam waktu 5 hari saja, tunas baru telah tumbuh sepanjang kurang lebih 2 cm. Cepat sekali tumbuhnya setek pada tanaman binahong ini dan tanpa perlakuan khusus. Beberapa daun yang sengaja disisakan juga tidak tampak layu. Penyiraman juga baru dilakukan satu kali saja, kondisi tanah masih cukup lembab hingga belum perlu disiram.

binahong-10-setelah-setek

binahong 10 hari setelah setek, panjang tunas 9 cm.

Pelihara bibit binahong hasil setek ini beberapa lama dulu agar akarnya kuat sebelum ditumbuhkan di tempatnya yang baru.

One thought on “Cara Setek Batang pada Tanaman Binahong 3 – 4 Hari Tumbuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *