Tabulampot Lemon Cui ada Pot di dalam Pot

Lemon Cui atau lemon cina saat ini banyak dijadikan alternatif bagi penggemar tanaman buah dalam pot alias tabulampot. Penjual bibitnya memperkenalkan sebagai lemon chui alias jeruk Manado. Kemampuannya berbuah dengan cukup lebat dalam media yang terbatas membuatnya populer sebagai bahan tanaman tabulampot. Seperti bibit tanaman lemon cui yang masih dalam polibag ini. Meskipun volume medianya hanya sedikit, nampak sudah mampu berbuah dengan baik. Bentuk dan ukuran tanaman juga terbilang masih kecil.

Masam
Kulit buah lemon cui yang sudah masak berubah dari hijau menjadi berwarna kuning. Rasa jenis jeruk ini cukup masam, tidak cocok untuk buah konsumsi langsung. Kecuali tentu bagi yang suka rasa buah masam. Rasa asamnya hampir setara dengan jeruk nipis. Oleh karena itu, jeruk ini banyak dijadikan bahan untuk substitusi buah jeruk nipis. Karena asamnya, air jeruk ini banyak dipakai untuk memasak. Dapat menghilangkan bau amis pada aneka macam ikan konsumsi. Lemon cui juga cocok dijadikan minuman segar berupa es jeruk.

Pot dalam Pot
Tanaman lemon cui ini akan ditanam dalam sebuah pot yang berukuran sedang, menyesuaikan ukurannya yang masih kecil. Jika tumbuh baik dan menjadi besar, rencananya akan dipindahkan lagi ke pot yang lebih besar. Agar tidak repot saat pemindahan nanti, cara yang digunakan penanaman dibuat model pot dalam pot. Pot kecil dalam pot besar. Untuk pot kecil dibuatkan lubang-lubang agak besar merata di sepanjang sisinya.

Pot kecil ini nantinya berguna untuk menjaga akar utama dan media yang berdekatan dengan batang tidak pecah atau banyak goyah saat pindah-pindah pot. Saat pemindahan ke pot lain yang lebih besar, pot kecil ini tinggal diangkat saja tanpa khawatir akar banyak yang rusak.

bibit-lemon-cui-polibag

Pindah Tanam
Setelah pot untuk bagian dalaman disiapkan, polibag plastik bisa dibuka dengan gunting dan disobek. Tanaman dipindahkan ke dalam pot kecil terlebih dahulu beserta medianya. Lakukan dengan hati-hati agar media tidak pecah. Jika perakaran tanaman sudah cukup banyak, biasanya media tanam tidak akan pecah. Media sedikit dipadatkan, jika kurang bisa tambahkan media yang baru.

lubang-pot-dalam

Pot yang lebih besar disiapkan. Bagian bawah diisi dulu dengan media beberapa tebal. Baru pot dalaman dimasukkan ke dalam dan ditimbun dengan media tanam. Jangan lupa untuk disiram agar media dan akar menyatu dengan baik.

Untuk komposisi media bisa dicoba tanah, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Jika perakaran tidak banyak bergoyang saat pemindahan tadi, tabulampot dapat langsung ditaruh di tempat terbuka dengan sinar matahari yang banyak.

tabulampot-lemon-cui

Stress
Pemindahan tanaman biasa akan mengakibatkan sedikit stress pada tanaman. Stress dapat disebabkan perubahan suhu dan iklim dari daerah asal dengan tempatnya yang baru. Belum lagi perakaran yang banyak bergoyang saat pindah pot. Tidak heran jika buah-buah jeruk bawaan bibit yang masih kecilpun akhirnya banyak berguguran.

Meski berbuah dalam pot, karena batang pohonnya yang kecil memang jauh dari kesan bonsai. Jika batang besar, tentu menarik untuk dijadikan bonsai yang berbuah.

Percabangan tanaman jeruk lemon cui ini terlihat cukup banyak, dapat anda jadikan sebagai bahan untuk okulasi, maupun proses sambung pucuk untuk perbanyakannya nanti. Proses okulasi atau sambung lemon cui dapat juga dilakukan dengan jeruk nipis sebagai batang bawahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *