Tips Cara Mengganti Aki Mobil yang Benar

Aki atau accumulator merupakan salah satu sumber arus searah atau DC. Aki ini baik basah maupun kering banyak dipakai sebagai salah satu komponen pada kendaraan bermotor sepeda maupun mobil. Jika telah sampai masa pakainya, kinerja aki akan menurun dan baiknya segera diganti. Aki yang bermasalah, drop atau rusak akan merepotkan terutama saat starter yang susah.

Spec ukuran yang sama
Pastikan spec dari aki yang hendak diganti sama. Merk boleh berbeda namun besarnya kapasitas aki baik sama dengan aki yang lama. Terkadang besarnya kapasitas aki ini tidak tertulis di body hanya ada pada kardus packingnya dulu. Jika ragu, baiknya aki dibawa saja ke tempat penggantian agar mendapat ukuran yang sama.

Cara melepas dan memasang Aki yang benar
Pastikan kunci mobil dalam posisi off. Sebelum melepas aki yang hendak diganti, ada baiknya membaca dulu saran para praktisi di lapangan, mekanik bengkel atau tukang reparasi. Menurut beberapa sumber, saat hendak melepas aki hendaknya dimulai dari kabek yang terhubung ke kutub aki negatifnya atau minusnya dulu. Setelah itu baru dilepas kabel yang terhubung dengan kutub positif aki atau plusnya.

mengganti-aki-mobil-grand-livina
Kebalikannya, saat pemasangan hendaknya dimulai dari memasang kutub positifnya dulu baru kemudian disusul dengan kutub negatifnya.

Kenapa begitu, katanya sih ada beberapa sambungan langsung ke kutub-kutub aki meskipun mobil dalam kondisi tidak dihidupkan. Dikhawatirkan jika terbalik saat melepas atau memasang aki ada kerusakan pada beberapa komponen entah karena hubung singkat atau yang lain. Juga dikhawatirkan dapat memicu adanya percikan api.

Dan satu lagi, pastikan memasang kutub aki secara benar tidak terbalik. Kutub positif pada tempatnya dan negatif pada tempatnya. Kencangkan skrup yang menghubungkan kabel dengan kutub-kutub paa aki dengan baik agar tidak terlepas akibat goncangan saat mesin kendaraan hidup.

Gunakan Sarung Tangan
Cairan aki basah merupakan asam sulfat yang jika kena kulit akan terasa begitu gatal. Sisa-sisa asam sering menempel di tempat dudukan aki dan sekitarnya. Dari pada gatal-gatal, mendingan pakai sarung tangan. Jika telanjur gatal, segera cuci bagian yang gatal dengan air. Jika masih terasa gatal, garuk saja.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*