Tanaman Buah Markisa dan Manfaatnya

Tanaman markisa diperkirakan berasal dari benua amerika,  dan dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis maupun subtropis. Termasuk tanaman merambat sehingga perlu diberi para-para atau cukup dirambatkan di tanaman keras lainnya. Beberapa jenis markisa berasa asam sampai manis, dapat dimakan langsung ataupun diambil sarinya untuk minuman yang menyegarkan.

Merambat pada Tanaman Lain
Selain dapat difungsikan sebagai tanaman hias, beberapa manfaat dapat diperoleh dari tanaman ini, diantaranya sebagai sumber vitamin C, mengandung banyak zat besi, sampai kegunaannya bagi pencernaan misalkan untuk mengatasi masalah sembelit.

Gambar di bawah  tanaman buah markisa dirambatkan di pohon belimbing wuluh, dan dapat berbuah dengan lebat.

buah-markisa

Peneduh Rumah sampai Restoran
Selain dimanfaatkan buahnya, tanaman markisa yang merambat dan dapat membentuk tajuk yang rapat sering dimanfaatkan untuk tanaman peneduh. Agar dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama, tanaman marikisa perlu dibuatkan tempat rambatan yang kokoh dan kuat.

pohon-markisa2

Rangka bagian atap bisa dibentuk persegi atau persegipanjang. Dalam satu rangka bisa ditanam beberapa pohon sekaligus dalam jarak tertentu agar daunnya lebih rindang dan penuh.

markisa-untuk-peneduh-teras

Seperti dari besi atau kayu yang kuat. Pada gambar di atas, tanaman markisa dirambatkan untuk peneduh teras. Rumah jadi kelihatan lebih asri dan sejuk di tengah musim yang semakin panas. Banyak rumah makan atau restoran yang memanfaatkan tanaman ini untuk memperindah tampilan bagian depan, menempel dengan teras bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *