Bertanam Timun Mini Size untuk Lalapan

Ini adalah tanaman timun mini yang dapat ditanam langsung di tanah atau pada sebuah pot. TanamanĀ  ini dapat diperbanyak dengan stek batang, jadi mirip dengan tanaman sirih. Buahnya saat masih muda berwarna hijau bergaris vertikal putih dan merah tua jika sudah matang. Besarnya kurang lebih seukuran baterai 1,5 volt saja.

Sulurnya dapat dirambatkan pada tanaman lain atau bisa juga diberikan bambu atau kayu untuk tempat merambat. Tanaman ini seperti juga tanaman markisa dapat dijadikan naungan untuk atap. Sayangnya dari pengalaman tanaman ini banyak disukai oleh semut-semut berwarna hitam untuk berkativitas.

Selain dapat difungsikan sebagai tanaman hias, buah timun mini yang belum terlalu matang, masih berwarna hijau putih ini dapat dijadikan sayuran, ataupun lalapan.

Buah timun mini dibuang isinya kemudian diiris kecil-kecil. Paling enak dimask sayur tumis atau dimakan mentah saja menjadi lalap dengan sambal pedas.

gambar-daun-timun-muda-dan-tua

Perkembangbiakan tanaman ini dapat dilakukan dengan setek batang. Juga dapat dilakukan proses merunduk sehingga tumbuh akar dulu baru kemudian dipindahkan. Percobaan praktek penyemaian biji tanaman ini sampai beberapakali tidak pernah tumbuh.

One thought on “Bertanam Timun Mini Size untuk Lalapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *