Macam-macam Alternatif Bahan untuk Membuat Netpot Hidroponik

Salah satu komponen yang diperlukan dalam bercocok tanam hidroponik adalah pot-pot kecil yang biasa disebut netpot. Netpot berfungsi untuk meletakkan media tempat menanam bibit. Selain itu, netpot juga difungsikan untuk menahan tanaman agar tidak mudah rebah. Berbagai bahan alternatif dapat dijadikan alternatif untuk dijadikan netpot.

Pemilihan netpot tidak lepas dari jenis media yang digunakan. Untuk media yang halus atau berupa butiran lebih cocok pada netpot yang berlubang kecil. Sementara untuk media rocwool atau spons dapat digunakan netpot dengan lubang-lubang yang besar.

Berbagai bahan alternatif yang dapat umum dijadikan alternatif pengganti netpot pabrikan diantara:

-Gelas plastik air mineral

Gelas plastik air bekas air kemasan paling mudah dicari sehingga banyak digunakan sebagai netpot. Lubang-lubang tambahan untuk akar dan aliran nutrisi dapat ditambahkan sendiri sesuai keperluan.

-Botol Aqua

Bekas botol aqua yang terbuat dari plastik sehingga ringan. Potongan botol aqua baik bagian atas maupun bagian bawahnya dapat dijadikan sebagai netpot dengan volume media berukuran sedang.

-Ember

Untuk tanaman berukuran besar dan kurang cocok dengan kondisi akar yang selalu tergenang, ember yang dilubangi cocok dijadikan pot hidroponik. Volume media yang dapat ditampung cukup besar. Umumnya dibagian bawah ember masih diberikan lagi wadah yang dapat menampung limpahan aliran nutrisi yang disiramkan dari atas.

gelas-plastik-netpot-murah
netpot mudah dan murah

-Pot bekas atau polibag plastik

Pot-pot dari plastik maupun polibag biasa dapat dijadikan tempat bertanam hidroponik terutama untuk sistem tetes atau siram. Selain itu, pot-pot ini juga dapat dijadikan tampungan nutrisi setelah ditambal lubang-lubangnya.

-Pipa paralon

Pipa air atau pralon PVC yang dipotong-potong pendek dapat dijadikan netpot juga. Ukurannya dapat disesuaikan keperluan. Namun pot-pot jenis ini tergolong sedikit mahal.

Itu tadi beberapa alternatif bahan buat netpot bertanam hidroponik yang bisa digunakan. Lebih mudah dicari, dan lebih murah tentu menjadi pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *