Seperti Ini Apel India Hasil Sambung Pucuk

daunijo.com_ Untuk mendapatkan tanaman apel india alias putsa yang cepat berbuah, salah satunya dengan cara sambung pucuk. Seperti pada contoh tanaman putsa berikut ini.

Tanaman ini merupakan hasil sambung pucuk yang dilakukan dengan batang bawah bidara, entah bidara arab, bidara lokal atau bidara apa, yang jelas bidara dan entres atas dari tanaman putsa. Saya perkirakan ini dari jenis putsa generasi kedua yang beredar di pasaran karena meskipun buahnya cukup manis belum semanis generasi putsa madu.

Kinerja hasil sambung pucuk putsa dengan batang bidara ini cukup bagus. Dalam arti cepat juga berbuah, meskipun sedikit kalah cepat kalau dibandingkan metode sambung susu. Dalam waktu 3 bulan – hingga sekitar 4 bulan, tanaman hasil sambung sudah mulai belajar berbunga untuk pertama kalinya. Pada perbanyakan dengan metode sambung susu, biasanya tanaman sudah membawa bakal buah atau kalau buahnya di pangkas, dalam waktu kurang dari satu bulan sudah bisa muncul bunga baru.

Putsa bibit sambung pucuk cepat buah.

Bunga pertama dari hasil sambung pucuk ini bisa juga jadi buahnya dan tumbuh besar sampai matang meski hanya di tanam di polibag kecil saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *