Cabe Kopay Rasa Bonsai

daunijo.com- Cabe kopay dapat memiliki buah yang sangat panjang dengan ukuran umum sekitar 25-30 cm. Perawatan yang lebih intensif bahkan dapat membuat cabe jenis ini mencapai panjang hingga 40 cm pada penanaman di lahan subur. Saat cabe kopay ditanam pada media tanam dan wadah yang berukuran kecil, cabe yang dihasilkan turut menjadi mini pula seakan sebuah pokok bonsai cabe.

Benih cabe kopay atau cabe Kota Payakumbuh dapat menjadi pilihan alternatif petani cabe untuk meningkatkan produktivitas lahan. Cabe dari jenis cabe merah keriting lokal yang awalnya berasal dari daerah Payakumbuh Sumatera Barat ini memiliki ukuran yang jauh lebih panjang dibandingkan cabe merah biasa, pada kelebatan yang sama dapat diperoleh bobot yang lebih tinggi.

Selain bentuknya yang superpanjang, cabe kopay yang awal mulanya dikembangkan oleh seorang petani cabe bernama Syahrul Yondri dari Payakumbuh ini, memiliki kelebihan dibanding cabe keriting merah lain. Beberapa situs menyebut tanaman ini lebih tahan penyakit dengan rasa buah cabe sedikit lebih pedas. Bentuk buah yang cukup extrapanjang membuat cabe jenis ini selain ditanam sebagai tanaman produktif di lahan juga banyak ditawarkan sebagai tanaman cabe hias.

Menanam bonsai cabe dari jenis cabe kopay ini akan cukup menarik. Cabe kopay pada gambar di atas (kiri) ditanam pada pot bonsai berbentuk kotak. Kapasitas media tanam di dalam pot hanya seukuran panjang 15 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 5 cm. Pot-pot bonsai kecil biasa digunakan untuk menanam bonsai berukuran kecil (miniatur) atau mame bonsai (5 cm – 15 cm) hingga ko bonsai (15 cm – 30 cm). Buahnya menjadi lebih kecil namun tetap memanjang hingga 15 cm. Daun tanamanpun ikut mengecil. Tinggi pokok hanya 30 cm saja.

Tanaman cabe kopay yang dibudidayakan di lahan umumnya bisa mencapai ketinggian 1 meter lebih. Penggunaan mulsa plastik pada bedengan dan perawatan yang intensif dapat menghasilkan ketinggian pohon hingga 2 meter lebih. Cabe di pot bonsai mini ini menjadi berukuran jauh lebih pendek, sekitar 30 cm saja. Buahnya cukup lebat, ada lebih dari 20 buah cabe.

Untuk membuat tanaman cabe kopay mirip bonsai yang lebih menarik, bakalan bisa diambil dari tanaman yang ada di lahan yang telah memiliki batang berukuran cukup besar. Dipilih batang yang memiliki banyak percabangan di bagian bawah untuk mendapatkan tajuk yang lebih rindang.

Cara ringkasnya, batang ini kemudian dipangkas pendek. Pemangkasan batang dan cabang disesuaikan dengan bentuk bonsai yang akan dibuat. Akar tanaman dipangkas menyesuaikan volume pot yang digunakan. Pokok cabe kemudian ditumbuhkan kembali dalam pot bonsai yang berbentuk datar. Media tanam baik dipilih yang porus karena tanaman cabe mudah busuk jika tanahnya terlalu liat dan basah. Beberapa media campuran yang dapat menghasilkan media yang cukup mudah dilalui air di antaranya sekam bakar, pasir, pasir malang.

Dengan perawatan yang baik; penyiraman, pemupukan, penyemprotan hama, pemangkasan dan pembentukan kembali tajuk, tanaman cabe kopay dalam pot bonsai ini dapat berbuah kembali dengan tampilan yang lebih menarik.

2 thoughts on “Cabe Kopay Rasa Bonsai

  1. Umar effendy

    dmna bli bbt cabe kopay

    Reply
    1. daunijo Post author

      Kmrn beli online mas

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *