Cara agar Kelengkeng Pingpong Berbuah Lebat

daunijo.com- Kelengkeng pingpong dari hasil proses cangkok atau okulasi memang lebih cepat berbuah sekalipun di tanam di daerah panas atau dataran rendah. Umur belum mencapai setahun sejak ditanam kelengkeng pingpong sudah mulai belajar berbuah. Namun begitu, tanpa perlakuan khusus umumnya tanaman pingpong ini akan tumbuh tinggi dengan cabang yang tidak terlalu banyak sehingga seringkali mengecewakan pemiliknya karena buahnya menjadi tidak lebat. Hanya muncul beberapa dompol saja di pucuk-pucuk cabang, sehingga akan merugikan jika ditanam dalam skala kebun yang besar.

Beberapa cara yang umum yang dapat dilakukan agar pingpong berbuah lebat adalah sebagai berikut. Intinya adalah bagaimana caranya agar pada tanaman pingpong tumbuh banyak cabang atau ranting dari tanaman ini, sehingga pucuk yang dapat menghasilkan buah bertambah banyak..

Pemangkasan
Pemangkasan dapat dilakukan sebelum tanaman mulai belajar berbuah. Pemangkasan dilakukan minimal 40 cm dari pangkal cabang. Misalkan tanaman anda memiliki cabang utama sebanyak tiga buah. Cabang ini kemudian dipangkas, sehingga dua atau tiga minggu kemudian akan tumbuh cabang baru di tempat pangkasan tadi. Pemangkasan juga perlu dilakukan sekaligus saat  panen buah. Buah tidak dipetik tetapi dipotong sekalian dengan rantingnya agar tumbuh tunas-tunas baru.

Pengeratan
Pengeratan pada cabang atau batang kelengkeng dapat merangsang pertumbuhan cabang baru. Cabang-cabang baru ini akan muncul dari bawah keratan. Hal ini  bisa  terjadi karena hormon auksin yang berperan dalam pertumbuhan vegetatif ke arah atas terhambat terdistribusi sehingga cabang baru muncul. Kerat cabang yang dikehendaki secara melingkar berbentuk cincin agar tumbuh ranting-ranting baru. Tidak perlu terlalu lebar cukup dengan lebar keratan sepanjang  kurang lebih 2 milimeter saja.

buah-kelengkeng-belajar-berbuah
Kelengkeng belajar berbuah.

Perundukan Horizontal
Selain pemangkasan dan pengeratan untuk merangsang pertumbuhan cabang baru dengan buah yang lebat dapat dilakukan dengan merundukkan cabang-cabang yang ada agar posisinya menjadi mendatar. Caranya cabang yang tumbuh lurus ke atas ditarik ke arah samping dalam posisi mendatar, agar cabang tidak balik lagi, perlu diberi patok kayu dan ditali.

Pemupukan lebih Intensif
Seiring dengan banyaknya cabang atau ranting yang tumbuh, agar pohon kelengkeng berbuah lebat harus diimbangi dengan pemupukan yang intensif. Pupuk kandang dapat diberikan lebih sering dari dua kali setahun menjadi tiga hingga empat kali setahun.

Demikian langkah-langkah yang bisa dilakukan agar tanaman kelengkeng pingpong kita dapat berbuah dengan lebat. Setelah berhasil berbuah jangan lupa dibrongsong agar tidak didahului kelelawar buah di malam hari.

2 thoughts on “Cara agar Kelengkeng Pingpong Berbuah Lebat

  1. rahmad

    Gan mau tanya?
    Koq sy punya pohon lengkeng umur 1,5thn udah berbunga 2kali yg pertama berbunga dibln 6 thn 2015 dan sekrng berbunga lg tapi koq bunga berjatuhan jd buahnya tdk lbat.
    gimana solusinya gan

    Reply
  2. daunijo Post author

    pengalman biar bunga lengkeng banyak yang jadi bisa dibantu sama pupuk NPK mas saat pembungaan,..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *