Cara Grading Sortir Benih Ikan Gabus

Untuk memilah-milah ukuran benih ikan gabus, dapat dilakukan melalui proses grading. Setelah proses ini benih ikan dapat dipelihara di beberapa kolam terpisah sesuai ukurannya. Selain untuk menjaga kecepatan pertumbuhan benih ikan, proses ini dapat mengurangi kanibalisme pada ikan gabus.

Proses sortir dapat dilakukan dengan ember-ember sortir atau alat khusus sortir berbentuk lajur-lajur dari pipa paralon.

Cara pembuatannya cukup mudah. Pipa paralon dipotong menjadi beberapa bagian dan ditata sejajar dengan jarak khusus. Jarak antar pipa akan berfungsi sebagai lubang grading. Alat ini dapat meminimalkan luka pada saat proses grading benih ikan.

Kelemahan sortir dengan ember-ember sortir adalah banyaknya ikan yang akan terjepit pada lubang-lubang sortir. Tidak heran dengan alat ini akan banyak ditemukan ikan yang mati pasca grading akibat luka gencetan lubang ember.

Untuk meminimalkan hal ini, sebaiknya sebelum proses sortir ikan dipuasakan dulu agar perutnya tidak membesar dan rawan untuk terjepit di lubang.

Video cara grading benih ikan gabus umur 40 hari setelah menetas dengan pipa paralon dapat dilihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *