Cara Melakukan Proses Grading pada Benih Ikan Lele

Umumnya grading pada tingkat benih lele dari penetasan mulai dilakukan pada umur 17-20 hari. Pada prakteknya grading pada benih yang ditetaskan sendiri ini dilakukan pada usia 30 hari mengingat benih yang lambat dalam bertumbuh karena beberapa kondisi. Cuaca dingin dan hujan yang terus menerus kemungkinan dapat menyebabkan perkembangan benih menjadi sedikit lambat sehingga grading dilakukan setelah benih berusia satu bulan atau 30 hari.

Tujuan Grading Sortir Benih
Grading bertujuan untuk mengelompokkan benih ikan lele berdasarkan grade / ukurannya. Selain itu grading juga bertujuan untuk memenuhi ukuran-ukuran benih yang diminati peternak. Sebagian peternak lebih memilih benih dengan ukuran 2-3, 3-5 atau 4-6 dengan alasan harga yang lebih murah.

Sebagian lagi lebih menyukai benih ikan lele dengan ukuran lebih tinggi dari 5-7 hingga 7-9 cm bahkan 9-12 cm dengan alasan lebih cepat panen. Jika ada peternak yang panen lele dalam waktu hanya 30 hari atau 45 hari, bolehlah dipercaya saja, kemungkinan benih yang ditebar pun berukuran super. Bagi pembenih sendiri, grading juga bertujuan dalam menentukan harga benihnya.

Ikan-ikan yang telah digrading ini kemudian dapat dipisahkan dalam kolam yang berbeda untuk menunggu penjualan atau pemeliharaan lebih lanjut. Saat grading sekaligus dapat disortir ikan-ikan yang sakit atau tumbuh tidak normal.

ember-grading-ukuran-1-2-tiktok

Grading empat ukuran benih

Peralatan Grading

Terlebih dahulu disiapkan peralatan yang diperlukan. Satu ember besar penampung air, beberapa ember grading, serok atau jaring halus, beberapa ember tampungan sementara ikan, mangkok kecil atau piring dan sendok. Ember grading dengan berbagai ukuran dapat dibeli ditoko-toko ikan atau poultry terdekat.

Isi ember besar dengan air hampir penuh. Susun ember-ember grading bertumpuk di dalam ember besar ini. Pada prakteknya, seringkali hanya diperlukan satu ember atau dua ember grading saja. Ember dengan lubang lebih kecil diletakkan paling bawah, paling atas adalah ember dengan lubang yang paling besar.

Dalam penyusunan ember grading, pastikan harus ada ruang yang cukup antara alas ember satu dengan ember di bawahnya. Ember yang terlalu dempet alasnya dapat menyebabkan benih yang turun ke ember di bawahnya tergencet dan mati. Pasang kayu atau suatu penyangga yang lain di antara ember-ember grading agar memberikan ruang yang cukup bagi benih yang turun ke bawah.

Langkah Grading

Untuk kolam yang didesain khusus, proses pengambilan benih ini biasanya dilakukan dengan membuka lubang air pembuangan. Pada keluaran air kemudian dipasang jaring hingga ikan-ikan dapat berkumpul di situ dan mulai dimasukkan ke alat grading.

Untuk kolam benih dengan kepadatan tinggi dan mode cepat di depan pembeli, pengambilan benih dapat dilakukan dengan jaring atau serok saja. Benih yang telah terambil kemudian diletakkan dalam ember grading paling atas.

Benih yang berukuran besar akan tertinggal di ember bagian atas, benih yang lebih kecil akan turun ke ember grading di bawahnya. Untuk memastikan ikan yang berukuran kecil turun ke bawah, sebelum benih dikumpulkan berdasarkan kelompoknya ember grading dapat diangkat-celup dalam air beberapa kali atau sedikit dimiringkan. Ikan-ikan kemudian dikelompokkan berdasarkan ukuran yang diperoleh. Untuk itu idealnya tersedia beberapa kolam lain yang kosong selain kolam pendederan pada proses pembenihan ikan lele ini.

hasil-grading-lele-ukuran-ember-2-tiktok

Contoh hasil grading ukuran ember “2” merk Tiktok

Berok sebelum Grading

Umumnya sebelum dilakukan proses grading ini, pada benih ikan dilakukan pemberokan terlebih dahulu. Ikan tidak diberikan pakan selama beberapa jam sebelumnya dengan tujuan ikan tidak akan buang kotoran selagi dikirimkan ke tempat yang jauh. Air yang tetap bersih saat pengiriman akan mempertinggi tingkat kehidupan benih saat tiba di tempat konsumen.

Selesai proses grading ini dapat dilakukan proses penghitungan benih. Perhitungan bisa dilakukan manual satu persatu dengan alat mangkok dan pengambilan dilakukan dengan tangan langsung atau menggunakan sendok. Dalam jumlah besar, benih lele kadang dijual berdasarkan sampling bobot dengan gram, atau sampling volume dengan gelas takar. Tentunya berdasarkan kesepakatan dengan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *