Cara Melipat Terpal Kolam agar Hasilnya lebih Rapi

Setelah kerangka kolam dipasang, pekerjaan berikutnya adalah proses pemasangan dan melipat terpal kolam. Khusus untuk cara melipat kolam dapat dilihat contohnya di bawah ini. Sebelum dipasang baiknya terpal dilipat ulang terlebih dahulu dengan bagian yang dijadikan center lipatan adalah lubang pembuangan meski posisinya tidak di bagian tengah. Tumpukan lipatan haruslah disebelah atas, agar setelah pas bagian lubang pembuangan terpasang pada tempatnya, lipatan terpal tinggal dibuka ke arah luar. Setelah rapi, saatnya membuat lipatan di keempat bagian sisa terpal yang ada di sebelah pojok kolam.

Bergelombang
Sebenarnya tidak ada patokan khusus tentang bagaimana terpal harus dilipat terutama di bagian pojok. Bahkan sebagian peternak dengan alasan tersendiri, memilih untuk tidak melipat terpal di bagian pojoknya dan cukup dengan meratakan sisa terpal ke sisi-sisi yang berdekatan saja.  Dari model ini akan terlihat sisa kerutan-kerutan yang bergelombang agak besar di pojok-pojok terpal. Meski sedikit bergelombang dan kurang rapih, namun permukaan terpal di bagian pojok akan tetap terbuka dan bibit penyakit lebih tidak mudah muncul di bagian tersebut.

Untuk hasil yang terlihat lebih rapi, cara berikutnya bisa diikuti.

Lipat Segitiga ke Bagian Luar
Rapikan sisa terpal yang ada di tiap pojok kolam satu persatu. Lipatan yang tersisa dapat dibuat menjadi bentuk segitiga. Pada model ini, lipatan dibuat ke arah luar.  Tempelkan lipatan berbentuk segitiga ini ke dinding kolam. Sisa lipatan di bagian atas dapat dirapikan lagi kemudian dikuatkan dengan tali atau dengan paku ke kerangka kolam.

Agar lebih rapi, rapikan susunan terpal dengan tali kawat atau paku kecil. Agar terpal tidak mudah sobek, jangan sampai mengambil lubang untuk tali atau paku pada area dinding kolam. Lubang tali atau paku baik dibuat dibagian tepi-tepi luasan terpal di sebelah luar dari garis jahitan. Dengan cara ini sobeknya dinding kolam terpal dapat diminimalisir.

Lipat Segitiga ke Bagian Dalam
Cara melipatnya di arahkan ke bagian dalam, bukan keluar. Nantinya bagian ini tidak akan terlihat dari titik pusat kolam.

Setelah lipatan halus, tempelkan terpal ke dinding atau kerangka kolam dengan posisi bagian lipatan berbentuk segitiga berada di bagian dalam. Dari depan bagian pojok akan terlihat tetap berbentuk persegipanjang.

Lipatan terpal ke arah dalam pada pojok kolam kadang dikhawatirkan membuat tempat tumbuhnya penyakit di dalamnya. Dari praktek model lipat dalam ataupun lipat luar yang pernah dilakukan pada kolam-kolam yang ada, perbandingannya tidaklah terlalu kelihatan.

lipatan-terpal-kolam-ikan

Isi Air Dulu
Untuk hasil yang lebih rapi lagi, pemasangan terpal dapat dilakukan sambil proses pengisian air sedikit demi sedikit. Sambil mengisi air, lembaran terpal dirapikan untuk meminimalkan adanya bagian yang terlipat tidak rapi. Bagian-bagian yang menggelembung atau terbentang bertumpuk dapat ditarik untuk dirapatkan.

Dari praktek yang sering dilakukan, sedikit lipatan atau kerutan tidaklah mengapa. Terpal tetap dapat bekerja dengan baik tanpa kebocoran meskipun ditemukan bagian yang berkerut entah di bagian dasar kolam atau bagian dinding kolam. Apalagi untuk terpal yang dibuat bagian lubang pembuangan, lipatan atau kerutan di bagian lantai susah dihindari. Tentu saja, jenis terpal yang digunakan terpal yang baik dan tebal. Untuk ketebalan terpal yang bagus dapat dipilih tipe A8 atau lebih, meski terpal minimal A4 sudah mulai dapat digunakan untuk kolam ikan lele ini.

One thought on “Cara Melipat Terpal Kolam agar Hasilnya lebih Rapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *