Daun Ijo

Ikuti

Membuat Hiasan Kap Lampu Gantung Sederhana dari Botol Bekas

Bagikan

Satu lagi kreasi dari botol bekas untuk hiasan lampu gantung yang terbuat dari botol bekas. Meski cukup sederhana kap lampu gantung jenis ini banyak digunakan untuk hiasan di beberapa warung makan atau angkringan dengan suasana lampu kecil yang temaram. Aneka jenis botol bekas minuman dari plastik dengan berbagai ukuran dapat disesuaikan dengan besar lampu yang digunakan. Cara pembuatannya cukup sederhana, dapat dilakukan untuk kegiatan prakarya anak siswa SMP.  Atau SD kelas 6 dengan pendampingan karena menggunakan alat yang tajam.

Alat dan Bahan
Untuk membuat kap lampu ini cukup disediakan satu botol plastik. Pada contoh ini digunakan botol berukuran kecil saja dari bekas botol plastik ukuran 500 ml untuk menghias lampu dengan fitting gantung 5 atau 10 watt.
-Botol plastik bekas
-Cutter tajam
-Gunting
Untuk hasil lebih menarik dapat dipilih botol yang memiliki warna semisal hijau, biru atau merah.

Pembuatan
Botol dibersihkan dan dihilangkan plastik kemasan jika ada menempel di dindingnya. Pada dinding botol di buat garis-garis irisan vertikal dengan menggunakan cutter sepanjang 12 cm hingga 15 cm, 2 atau 3 cm dari dasar botol. Jarak antar garis 0,5 cm atau 1 cm.

membuat-hiasan-kap-lampu-botol-bekas

Jika susah menggunakan cutter, setelah dapat sedikit irisan dapat dilanjutkan dengan menggunakan gunting. Buat irisan ini merata di seluruh dinding botol.

iris-dinding-botol-garis-garis

Langkah berikutnya membuat tekukan di bidang-bidang irisan tadi. Ambil di tengah-tengah panjang, agar tekukan seragam posisinya, bisa ditandai dulu dengan spidol bagian yang akan ditekuk.

Untuk dapat melakukan ini dengan mudah, caranya letakkan botol dalam posisi berdiri di atas lantai atau meja. Kemudian tekan tutup botol dengan tangan kiri hingga botol memendek dan sebagian besar bekas irisan ini akan menggelembung keluar. Tangan kanan bisa mulai proses menekuk bagian yang telah ditandai tadi satu persatu hingga selesai.

tekuk-dinding-botol-lampu

Langkah terakhir pemasangan kabel, fitting dan lampu. Tutup botol dilubangi untuk tempat memasukkan kabel. Kabel tarik masuk ke dalam botol dan dikeluarkan dari salah satu lubang yang ada di dinding botol. Fitting disambungkan dengan kabel dan lampu kemudian dapat dipasang. Setelah terpasang, kabel ditarik lagi hingga fitting dan lampu masuk ke dalam botol lewat sisi samping. Hiasan lampu selesai dibuat.

kap-lampu-botol-bekas-minuman

Hiasan lampu dari botol bekas cocok digunakan untuk lampu-lampu dengan watt kecil tidak terlalu terang, sehingga tidak akan tampak jelas jika kap lampu itu hanyalah sebuah botol bekas.

Bagikan

Terkait

Latest