Daun Ijo

Ikuti

Cara Membuat Pompa Ban Darurat Vespa P 100 TS dari Busi Bekas

Bagikan

Otomotif-daunijo.com_ Bagi pecinta vespa mini P100 Ts lama, ada baiknya anda memiliki persediaan pompa ban darurat di jok motor selain persediaan ban dalam. Pompa darurat ini akan sangat berguna terutama bagi yang suka touring menggunakan vespa ke tempat-tempat yang jauh. Adakalanya saat ban bocor, tukang tambal ban terlalu jauh tempatnya atau bahkan tidak ada. Jika ada membawa ban dalam serep dan pompa sendiri mengganti ban dalam vespa P100 Ts cukup mudah karena hanya perlu membuka beberapa skrup saja mirip dengan melepas ban sebuah mobil.

Pompa dari bahan busi bekas ini cukup unik karena udara yang dipompakan ke dalam ban diambil dari udara tekanan udara yang dihasilkan ruang pembakaran motor vespa. Pompa juga berukuran kecil saja dan cukup ringan hingga tidak memakan tempat yang luas di jok motor anda.

Prinsip kerja
Saat engkol starter vespa diinjak akan ada udara bertekanan yang berasal dari ruang kompresi keluar melalui kepala pompa busi menuju ban yang dipompa. Setelah beberapa kali injak, tekanan udara di dalam ban mulai meningkat hingga mendorong bola besi menutup lubang kepala besi.

skema-pompa-motor-darurat-vespa-antik-p100ts
Skema pompa busi vespa P100Ts

Lubang yang tertutup ini, udara dari ban akan tertahan hingga tidak berbalik ke dalam ruang pembakaran vespa. Tekanan dari engkolan vespa ini masih mampu mendorong gotri yang menutup lubang busi hingga ban tetap dapat ditambah udaranya jika belum keras. Saat engkolan di hentikan, tekanan udara dari ban gantian mendorong gotri menutup lubang.

Bahan Pompa Busi
Berikut ini adalah bahan yang digunakan jika anda berminat untuk membuat pompa emergency sendiri.
1) Busi vespa bekas
2) Selang pompa 1 meter
3) Kepala pompa sepeda motor
4) Pipa logam berukuran kecil sekiranya bisa masuk ke selang pompa.
5) Bola besi (gotri)

bahan-membuat-pompa-busi-vespa

Cara Membuat Pompa Emergency Vespa
-Buka kepala besi dengan cara memecahkan bagian keramik yang berwarna putih (atau porselen?). Bersihkan bagian dalam rongga kepala busi ini dari komponen-komponen yang ada hingga tersisa rongga yang bersih. Palu, tang dan paku anda diperlukan untuk membersihkan bagian dalam ini.

kepala-busi-vespa-p100-ts


-Masukkan bola besi ke dalam rongga kepala busi.
-Pipa besi atau bisa diganti dengan baut yang berongga atau ambil dari ban sepeda, dihubungkan dengan kepala besi pada tempat bekas keramik putih yang telah dihilangkan tadi. Bawa saja ke tempat tukang las agar bisa disambungkan dengan rapat.
-Masukkan ujung pipa besi yang masih bebas ke selang pompa.
-Masukkan kepala pompa ke ujung selang yang masih bebas.
-Pompa emergency dari busi bekas siap dioperasikan.

pompa-emergency-dari-busi-vespa

Cara penggunaannya, buka penutup bagian busi vespa. Keluarkan busi dari tempatnya. Masukkan busi yang telah menjadi pompa ini ke tempat busi yang telah kosong tadi. Putar dengan tangan hingga rapat. Selah engkol sarter vespa, dan udarapun akan terpompa keluar siap ditampung ke dalam ban yang kempes.

Bagaimana jika pompa model ini dibuat untuk motor jenis lain?
Seorang teman pernah mencobanya pada motor jenis honda grand, yang memiliki busi dengan kepala lebih kecil dibanding vespa P100TS. Mungkin karena tekanan udara yang dihasilkan dari ruang kompresi mesin grand tidak terlalu besar hingga pompa emergency dari busi tidak berhasil saat coba digunakan.

Bagikan

Terkait

Latest