Daun Ijo

Ikuti

Menanam Lemon Buah Kuning sebagai Hiasan di Dalam Pot

Bagikan

daunijo.com- Banyak orang tertarik untuk menanam lemon karena khasiatnya. Lemon dipercaya memiliki manfaat menjaga tekananan darah, mengandung  vitamin C, dan ujung-ujungnya menjaga ketahanan tubuh. Selain untuk alasan kesehatan dan kecantikan, buah lemon dapat juga dijadikan bahan minuman segar.

Penampilan tanaman lemon sendiri sekilas mirip tanaman jeruk nipis. Jika diperhatikan lebih teliti, terdapat beberapa perbedaan yang mudah dilihat. Daun lemon memiliki warna hijau muda sedangkan daun jeruk nipis lebih hijau tua. Bentuk daun lemon cenderung lebih sempit memanjang dengan ujung berbentuk lebih lancip. Sementara daun jeruk nipis terlihat lebih lebar dengan ujung yang cenderung berbentuk oval. Saat kedua jenis daun ini diremas akan keluar bau harum yang khas menyegarkan dengan aroma daun lemon terasa lebih kuat.

Tanaman lemon dapat berbuah baik ditanam langsung di lahan maupun dijadikan tabulampot. Bibit dapat diperoleh dengan cara semai biji, cangkokan, atau setek batang. Untuk bibit dari biji sebaiknya disambung atau okulasi dulu untuk mempercepat masa berbuah. Bibit dari biji akan berbuah dalam waktu yang relatif lama.

bibit-lemon

Berikut ini tabulampot lemon yang ditanam daunijo beberapa waktu yang lalu. Bibit berada dalam polibag dalam kondisi tengah berbunga. Bunga berwarna putih dengan selingangan warna pink. Sebagian bunga tampak sudah menjadi bakal buah. Bibit ditanam dalam pot berukuran besar. Untuk media tanam disiapkan campuran sekam padi, tanah hitam dan pupuk kandang.

Sayangnya dari sekian banyak bunga dan bakal buah yang telah ada dalam bibit ini tidak banyak yang berhasil menjadi buah. Kemungkinan hujan yang terus menerus dan kurang cepatnya beradaptasi dengan proses pemindahan mengganggu proses pembentukan buah. Saking seringnya hujan, hingga hampir dua bulan tanaman tidak pernah disiram karena media masih selalu lembab.

tabulampot-lemon-berbuah

Buah yang masih kecil tampak berwarna hijau tua. Semakin besar dan tua, warnanya akan berubah menjadi kekuningan. Tampak buah lemon yang sudah besar dua bulan sejak bibit ditanam dalam pot. Berwarna kuning dengan masih menyisakan sedikit warna hijau. Ujung bagian bawah memiliki tonjolan yang berbentuk meruncing. Informasinya buah lemon ini dapat tumbuh jauh lebih besar dari buah jeruk nipis. Lumayan manis dalam tampilan tanaman buah di dalam pot.

Bagikan

Terkait

Latest