Daun Ijo

Ikuti

Cara Pembibitan Seledri Hidroponik dengan Tunas

Bagikan

daunijo.com- Bibit tanaman seledri untuk hidroponik umumnya diperoleh dengan cara semai biji seledri. Ini banyak dipilih karena dapat menghasilkan bibit tanaman seledri yang besarnya seragam. Selain dengan biji, tanaman seledri untuk hidroponik sebenarnya dapat juga diperbanyak dengan tunas. Jika seledri yang ditanam tidak ada berbunga, cara menanam seledri hidroponik dengan tunas dapat dipertimbangkan untuk perbanyakan tanaman ini.

Tanaman seledri ini setelah dewasa akan menghasilkan banyak anak atau tunas hingga membentuk rumpun yang lebat. Jika rumpun tidak dipisahkan dalam wadah tanam yang terbatas, maka tanaman akan tumbuh kecil-kecil karena saling desak dan berkompetisi. Sementara tanaman yang ditanam dengan kepadatan rendah cenderung berdaun dan bertangkai besar.

Untuk mulai membuat bibit seledri dari tunas, dapat dicari tanaman seledri dewasa yang memiliki banyak anak tunas. Dari pengamatan pada instalasi seledri di rumah, seledri yang ditanam dengan kepadatan 3 batang per netpot cenderung menghasilkan lebih banyak anak daripada tanaman seledri yang ditanam satu batang tiap netpot.

induk-seledri-hidroponik-split
Induk tanaman seledri hidroponik.

Tampilannya juga lebih menarik karena rimbun dengan ukuran daun sedikit mengecil. Contoh di atas ditanam pada netpot gelas plastik dengan media arang sekam. Rumpunnya telah memenuhi ruang netpot yang tersedia. Induk tanaman seledri dapat mulai dengan dibersihkan media tanamnya dengan kucuran air.

bibit-seledri-hidroponik-split-anak

Setelah bersih, tunas seledri dapat dipisahkan satu persatu. Dapat dimulai dulu dari kelompok batang berukuran besar yang mudah dipisahkan dengan tangan saja.  Berikutnya dengan menggunakan cutter atau pisau yang tajam untuk tanaman-tanamn kecil. Sertakan sedikit akar atau potongan dari bonggol batang seledri pada bagian bawah setiap tunas yang dipisahkan. Dari beberapa netpot seledri yang diambil tunasnya, tiap netpot dapat diperoleh tunas tanaman 20 hingga 25 buah.

hidroponik-seledri-split
Bibit seledri hidroponik dengan tunas, ukuran kurang seragam.

Bibit seledri yang diperoleh kemudian ditanam di instalasi hidroponik yang ada seperti biasa. Sebelum ditanam, daunnya bisa dikurangi dulu disisakan beberapa helai saja. Video split seledri hidroponik dapat anda lihat di sini.

Taruh di tempat teduh dulu barang satu atau dua hari sebelum diletakkan di instalasi hidroponik. Kelemahan metode ini adalah bibit seledri yang dihasilkan berukuran tidak seragam.

Bagikan

Terkait

Latest