Cara Sambung Sisip Samping Bakalan Bonsai Kawista Batu

Adakalanya bakalan bonsai yang kita miliki memiliki slot ranting atau cabang yang tidak terisi di salah satu sisinya. Slot ini menyebabkan tampilan bonsai menjadi kurang ideal sebagaimana yang diharapkan. Untuk mengatasi hal seperti ini bisa dilakukan proses pruning pada tanaman tertentu seperti bakalan bonsai asam. Pohon asam dikenal memiliki perilaku setelah proses pruning akan tumbuh tunas-tunas cabang baru dalam jumlah cukup banyak.

Namun begitu, terkadang cabang-cabang hasil pruning inipun tumbuh tidak pada posisi yang diharapkan. Alternatif lain adalah dengan melakukan proses sambung sisip pada daerah di mana cabang diinginkan untuk tumbuh. Seperti pada contoh praktek sambung sisip pada bakalan bonsai kawista berikut ini.

Menentukan Posisi Sambung Cabang pada Bakalan Bonsai
Sebelum melakukan proses sambung tentunya sudah harus terbayang gaya atau bentuk dari bonsai yang diinginkan. Misalkan pertumbuhan cabang yang diinginkan berpola kanan, kiri, kanan, kiri dengan porsi jarak yang proporsional. Sementara pada bakalan bonsai yang ada adalah kanan, kiri, kiri. Ada satu posisi di mana bakalan bonsai kehilangan satu cabang untuk bentuk yang diinginkan di sisi kanan.

Di situlah akan dilakukan proses penyambungan sehingga diharapkan bakalan bonsai akan sesuai dengan gaya yang diinginkan.

bakalan-bonsai-kawista-sambung

Proses Sambung Sisip
Pada dasarnya proses sambung sisip ini sama dengan proses sambung pada tanaman lain. Entres atas bisa diambil dari pucuk tanaman kawista itu sendiri atau diambil dari tanaman kawista yang lain.

irisan-entres-kawista

Entres atas dipotong kemudian  dipangkas daun dan ranting-rantingnya hingga tinggal cabang utama saja. Entres kemudian disayat untuk memberikan area penyambungan, bentuk yang umum seperti gambar.

Dengan silet yang bersih dan tajam, kulit batang bawah kemudian disayat untuk memberikan ruang penyambungan entres atas.

sayatan-batang-kawista

Selipkan entres atas ke batang bawah, bagian yang tersayat dari entres atas harus masuk semua ke dalam sayatan batang batang.

proses-sambung-sisip-bonsai-kawista

Ikat dengan tali plastik. Ikatan bisa sekalian menutupi keseluruhan entres atas sebagai ganti dari sungkup plastik.

sambung-samping-kawista-batu

Setelah proses penyambungan berhasil dengan baik, dan cabang yang diselipkan tumbuh kuat, dapat dilakukan proses pemasangan kawat bonsai untuk mengarahkan cabang baru ini sesuai gaya yang dikehendaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *