Ikan Lele Tidak Mau Makan Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Beberapa hari yang lalu lele satu kolam tidak merespon pakan yang diberikan. Hanya satu dua lele yang nampak makan pelet yang ditebar begitupun terlihat kurang bernafsu. Biasanya dalam kondisi normal begitu mendengar langkah suara orang di sekitar kolam, para lele langsung merespon bergerak bersamaan ke permukaan menimbulkan suara yang gaduh menyenangkan. Terakhir jumlah lele dalam kolam terpal 1 x 4 meter ini masih tersisa sekitar 25 kg ikan.  Kok sepi-sepi saja pada kemanakah gerangan?

Karena lele tidak mau makan akhirnya dicoba dipuasakan dulu selama sehari semalam tidak diberi pakan. Toh jika diberi makanpun pakan akan mubazir dan hanya menambah kotornya kolam. Hari kedua dicoba kembali memberi pakan. Ditaburkan pelet ke kolam  sedikit saja untuk mencoba respon ikan. Belum juga mau makan, hanya satu dua ikan yang nongol ogah-ogahan menengok pelet. Dugaan sementara karena buruknya kualitas air kolam ditandai dengan bau busuk yang menyengat tidak seperti biasanya.

Lele yang kurang nafsu makan katanya sih katanya,.. sedang berada dalam kondisi stres. Kondisi ini dapat dipengaruhi terutama oleh kualitas air kolam. Beberapa hal yang biasanya mempengaruhi kualitas air kolam hingga membuat lele tidak merasa nyaman diantaranya:

1. Sisa pakan yang tenggelam
Sisa pakan baik dari pelet pabrik maupun pakan tambahan untuk lele akan memperburuk kualitas air. Pelet yang dapat terapung jika bersisa lama-lama akan tenggelam ke dasar kolam. Demikian juga dengan pakan tambahan yang rata-rata tidak dapat terapung dan langsung tenggelam ke dasar kolam jika tidak termakan ikan. Karena sisa-sisa pakan ini air dapat menjadi terlalu asam dan kadang mengandung amonia yang dapat memabukkan lele.

2. Kotoran lele
Sebagaimana manusia dan hewan lain, lele pun buang hajat alias buang kotoran. Kotoran lele termasuk bahan organik yang jika jumlahnya terlalu banyak dan kurangnya organisme pengurai di air kolam dapat menurunkan kualitas air kolam.

3. Adanya ikan yang mati
Ikan yang mati baiknya segera diangkat agar tidak membusuk di dalam air. Air yang berbau bangkai busuk menyebabkan lele stres dan enggan makan. Untuk penyebab ini sudah pernah dibuktikan sendiri berkali-kali.

Pagi ini, sembari berniat mengambil beberapa kilogram lele pesanan sekaligus bermaksud untuk mengganti air kolam. Dan benar juga, rupanya ada lele yang mati dan membusuk di dasar kolam. Terlihat kepala ikan yang masih utuh tanpa badan tersangkut ke dalam jaring saat mengambil ikan.

lele-tidak-mau-makan

Biasanya lele yang mati akan mengapung di permukaan kolam sehingga mudah diambil. Namun kali ini lele yang mati tidak terdeteksi akibat keruhnya air kolam.

Solusi
Solusinya, pengurangan volume air hingga duapertiga bagian dan diisi dengan air yang baru, mumpung sekalian panen lele. Sorenya, ikan sudah mulai nampak semangat merespon lagi pakan yang diberikan. Mungkin memang benar, stres tidak mau makan  akibat ada ikan lele mati di dalam kolam hingga kualitas air menjadi memburuk.

Satu lagi penyebab lele anda tidak mau makan. Lelenya sudah pada kenyang karena tadi sudah ada yang memberi makan. Bisa jadi kakak, adik, atau saudara,… Betul ndak.

23 thoughts on “Ikan Lele Tidak Mau Makan Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

  1. shelly fu

    Ikan lele masih bergantungan.sesudah ganti air sumur dan tidak mau makan.apa penyebabnya mas???.satu hari mati 1 ekor sudah 2 hari. Perut kembung yg mati .

    Reply
  2. daunijo Post author

    kemungkinan sudah terlanjur kena sakit, kl memungkinkan biasanya yang menggantung kami ambil untuk dipisah, dan ikan di kolam dipuasakan dulu tidak langsung dikasih pakan barang sehari. Obat perut kembung untuk lele banyak di jual di toko kok mbak,..

    Reply
    1. julichan

      mungkin juga lele kembung akibta setelah hujan di kasih makan.sebaiknya jangan di aksih makan dulu seteah hujan.nunggu 5-7 jam..iini pegalaman saya

      Reply
  3. David

    Mas, biasanya ikan lele akan mati jika tidak diberi makan berapa hari ya mas? Terima kasih.

    Reply
  4. ardinata

    mas kembung karena kebanyakan pakanbisa mengunakan jahe 4 buah di parut campurkan lalu saring tebarkan air saringan kekolam, kalau tidak kunjun sembuh boleh dikasih tetrasiklin/terasilin atau oxitetra 150 mg sehari sekali campurkan ke pakan dan tebar dikolam bisa beli di apotoik , kapan berhenti setelah tidak ada kematian, biasanya 7 sampai 15 hari udah tidak ada yang mati

    Reply
  5. darul wijaya

    Salam . Mau Tanya nih , gimana cara mengatasi budi daya ikan lele kalo curah hujan tinggi buat kolam terpal

    Reply
  6. Ahmadsaja

    Sedikit informasi mgkn yg lebih penglmn bisa melengkapi. Saat curah hujan cukup tinggi tebar benih sedikit saja jgn trlalu padat. Selain itu utk antisipasi penyakit dan perubhn ph ada baiknya tersedia garam grosok utk kolam. Lubang saringan air dibalik taruh bagian atas setinggi permukaan air kolam jd air hujan bs langsung ngalir keluar.

    Reply
  7. jamall

    Min ko lele saya pada gede ya perutnya saya mau potong ngga tega itu hamil apa sakit ya , pas dikasih makan juga ngga nafsu , padahal airnya udah diganti full

    Reply
    1. daunijo Post author

      Kl gede betina betina dewasa mgkn telur mas, hbs ganti air full kadang susah makan dulu.

      Reply
  8. ardinata

    penyebab 1 dan 2 mati tiap hari, 1 karena pakan berlebihan, kasih pakan 80%, yang kedua penyakit tertentu coba cek ikan mati, kalau kembung biasanya porsi makan berlebihan kl kena jamur bisa pace 3 buah dan daun pepaya 4 helai di tumbuk halus campur dengan air biasa lalu saring setelah itu tebar dikolanm air hasil saringan

    Reply
  9. Vinaika

    Ikan lele saya nggak mau makan udah 3 hari, pas dari di kasih ikan laut setelah itu klo dksih mkan pelet nggk ngerespon, malh suka mkn sesamnya.. itu knp yaa.. Setres atau knp?? Tolong sosusinya

    Reply
  10. andy

    mas may syering ni..!!”
    saya budidaya lele sangkuriang 10.000 ekor..benih ukuran 5-7.setelah 14 hari saya sortir.ukuran 9-12 udahan.tapi ada kendala selang 7 hari dari penyortiran koq banyak yg mati ya pdhal takaran pakan udah dijaga..sehari sya ksih pkan 1/5 kg.di jam 9-1-5-dan jam 9 malam.kondisi air juga saya alirin terus.ini kira” penyebab ny ap mas ya.
    minta saran ny mas

    Reply
  11. Alga

    Kalo lele sy itu stelah gnti pakan pelet lgsung gk nfsu makan,gmn in solusinya?prtma pelet merk 781 -2,stlh sya gnti pelet T-78 -3 lgsung gk nfsu mkan.tolong slusinya master

    Reply
    1. daunijo Post author

      Coba di tes lagi pakai 781-2 mas, kalo mau lagi makan bagus mgkn sebenarnya ga da masalah dengan ikannya,..

      Reply
  12. Dimas Aji

    Mas mau tanya ini setelah tebar benih 3 hari kemudian banyak lele saya yg kena jamur hampir seluruh nya kena jamur sih
    solusi nya gimana mas biar sehat dan bebas jamur teruss nafsu makan juga tinggi
    terimakasih

    Reply
    1. daunijo Post author

      Dicarikan obat jamur mas semacam metilrn blue gitu, tp kl dah cukup parah mgkn hrs direlakan saja, ganti benih baru.

      Reply
  13. Derry

    Sudah dilakukan pengurasan dan diberikan molase tpi tetp tidak mau makan knp yh,?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *