Instalasi Rak Hidroponik NFT Kerangka Besi ExtraTinggi Memanjang


daunijo.com- Selain dalam bentuk modul-modul mini sepanjang satu dua meteran, rak hidroponik yang memakai sistem nft dapat dibuat dengan ukuran ekstra besar. Jika tempat dan posisi lokasi cukup memadai, panjang instalasi hidroponik dapat diperbesar demikian juga tingginya. Ukuran yang besar akan memperbanyak jumlah lubang tanam yang ada dalam instalasi.

Gambar di atas menampilkan salah satu instalasi rak hidroponik berukuran jumbo. Instalasi dari salah satu rumah hidroponik yang ada di kabupaten Madiun ini menggunakan 8 buah tingkat pipa paralon dalam bentuk terasering. Kangkung, sawi dan selada menjadi tanaman utama dengan netpot kebanyakan dari gelas plastik.

Instalasi dibuat mirip dengan rak model A yang mengambil bentuk segitiga siku-siku. Bagian yang ditanami hanya digunakan satu buah sisinya pada bagian miring yang ada di sebelah dalam bangunan. Ketinggiannya nyaris mencapai atap dan menutupi seluruh bagian dinding samping rumah hidroponik. Panjang instalasi mengikuti panjang rumah hidroponik itu sendiri.

Untuk membuat rak hidroponik berukuran besar diperlukan bahan untuk kerangka yang cukup kuat. Besi atau baja ringan dapat menjadi pilihan. Pengerjaan dapat dibuat dengan model skrup maupun las. Selain kuat bahan ini akan tahan lebih lama dibandingkan kayu. Tentu saja dengan investasi biaya yang lebih tinggi. Instalasi sebaiknya juga langsung dibuat sekalian dengan bagian atap di atasnya agar terlindung dari hujan. Untuk menghemat pemakaian ruang, sudut kemiringan dapat dibuat kecil saja sehingga tidak memakan lebar ruang yang terlalu banyak.

Sistem hidroponik untuk rak besar ini dapat menggunakan nft atau aliran tipis cairan nutrisi. Tentu saja akan diperlukan pompa air dengan kemampuan pump head yang mencukupi untuk menjangkau bagian tertinggi dari instalasi yang bisa setinggi 3 m hingga 4 m dari lantai bangunan.

Jika satu jalur horizontal digunakan 3 buah pipa atau sekitar panjang 12 m, maka dengan titik tanam 38 buah per pipanya dapat diperoleh 114 lubang tanam. Untuk 8 tingkat jalur pipa horizontal, akan diperoleh 912 lubang tanam, hampir 1000 buah.

Bentuk rak yang tinggi dan panjang tentu memerlukan perhatian dan cara khusus dalam pemeliharaan. Tanaman yang terletak di separuh pipa bagian atas tidak akan terjangkau dengan tangan. Tangga dapat digunakan untuk keperluan ini.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebagaimana instalasi hidroponik yang lain, persyaratan utama harus terpenuhi. Yaitu panas yang cukup dapat menyinari bagian instalasi. Untuk itu diperlukan tempat yang lapang yang tidak banyak terhalang bangunan atau pepohonan tinggi di sekitarnya. Jika syarat ini tidak terpenuhi, maka instalasi yang dibuat hanya akan menghasilkan tanaman hidroponik yang tidak optimal dan tidak sesuai dengan anggaran biaya yang telah dikeluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *