Jenis Pakan Ikan Gabus agar Cepat Besar

daunijo.com- Ikan gabus diketahui memiliki pertumbuhan yang lambat, terutama jika makanan utama yang diberikan saat pembesaran adalah pelet. Agar ikan gabus tumbuh lebih cepat besar, jenis pakan yang harus diberikan sebenarnya tidak terlalu susah untuk diperoleh namun bisa jadi mahal. Selain pelet, ada jenis pakan meski mungkin sukar diperoleh yang dapat diberikan pada ikan gabus agar cepat besar. Pakan alami seperti dalam habitatnya seperti ikan-ikan kecil yang masih hidup.

Pertumbuhan ikan dengan pakan alami akan terlihat lebih cepat telah terlihat sejak fase pembenihan. Kelompok ikan dengan pakan cacing sutra jauh lebih cepat tumbuh dibandingkan kelompok benih ikan dengan pakan berupa pelet yang diberikan sejak dini. Pada fase lanjutan dengan pakan berupa ikan-ikan kecil yang masih hidup, ikan gabus dapat tumbuh lebih dengan perkiraan 3-5 kali lebih cepat jika acuannya adalah bobot.

Contoh nyata dapat diberikan dari pengamatan di kolam admin. Selain dipelihara di kolam terpal dengan pakan utama berupa pelet, dicoba juga memelihara beberapa ekor benih ikan gabus di kolam yang lebih alami tanpa pemberian pakan buatan. Di kolam alami yang memiliki mata air sendiri ini, selain banyak terdapat jenis ikan kecil berupa ikan cethul, juga terdapat jenis ikan lain seperti ikan wader, ada juga kepiting dan mungkin juga udang air tawar.

Sekitar 4 bulan perkembangan ikan di kolam terpal masih mentok di bobot kisaran 20-30 gram saja per ekor. Ikan yang tumbuh di kolam alami terlihat jauh lebih pesat pertumbuhannya dengan bobot kurang lebih 100 gram per ekor.

Untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan gabus yang berupa pakan alami ini, dapat disiasati dengan pemeliharaan jenis ikan yang mudah memijah dengan frekuensi yang kerap. Jenis ikan nila atau ikan mujahir dapat dipilih untuk produksi ikan-ikan kecil sebagai pakan ikan gabus. Atau, sering-sering ke tempat orang turun melaut untuk mendapatkan ikan-ikan yang sering dikenal dengan sebutan ikan rucah.

Selain untuk keperluan pembesaran, meski dengan biaya tinggi, ikan-ikan kecil seperti benih nila akan sangat baik untuk pertumbuhan kematangan gonad induk ikan gabus. Dari pengamatan di kolam induk admin, induk ikan yang berasal dari sungai ini tidak terlalu suka dikasih makanan berupa pelet buatan. Induk ikanpun menjadi kurus dan kematangan gonad agar segera bertelur kembali tidak kunjung tiba.

One thought on “Jenis Pakan Ikan Gabus agar Cepat Besar

  1. omanul

    Josss artikel dan webnya bagus gan ^_^
    Nih gan, “Kecoa Dubia” pakan alternatif (bisa bikin tambah gacor, pakan ikan dan bisa buat pakan reptile dirumah), mengandung protein lebih tinggi dari pada jangkrik, saatnya beralih dari jangkrik ke kecoa dubia, kecoanya ngga bau loh, kecoa import ^_^
    dan juga kecoa ini mudah di ternak tidak seperti jangkrik yang sangat sulit di ternak dan juga umur kecoa dubia bisa sampai 2 tahun, ngga kaya jangkrik yang 2 minggu sudah mokad ^_^
    Klik Linknya di bawah gan kalau pengen tau lebih tentang kecoa dubia ^_^
    -=Jual Kecoa Dubia, Pakan Alternatif Pengganti Jangkrik=-

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *