Daun Ijo

Ikuti

Kuliner Spesial Liburan Panjang! Semur Jengkol Geprek Pedas

Bagikan

daunijo.com- Musim libur panjang dan pulang kampung menjadi kesempatan dapat menikmati kembali menu-menu spesial kesukaan. Kenapa harus menunggu liburan bro? Sebagian orang menghindari makanan ini saat hari kerja. Lalap petai dan jengkol!! Dua bahan kuliner sedap ini memang terkenal dengan aromanya yang heboh. Kebayang bagaimana saat menghadapi klien dengan bau khas aroma petai atau jengkol akibat lupa gosok gigi di pagi hari. Belum lagi aroma khas toilet kantor yang jadi semerbak setelah dikunjungi, waahhh,..

Jengkol (Archidendron pauciflorum) telah lama menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kuliner nusantara. Terbukti dari banyaknya nama daerah untuk kedua jenis bahan sayuran di atas. Di Malaysia disebut dengan jering. Ada juga dengan nama jaring, blandingan, atau lubi untuk menyebut jengkol ini di daerah lain.

Jengkol dan juga petai, bahan sayuran yang memiliki aroma yang khas ini dapat dibuat lalapan maupun dimasak terlebih dahulu. Meski banyak juga orang tidak suka menikmati kedua jenis bahan kuliner spesial ini, penggemarnya fanatiknya tidak kalah banyak. Kalau sudah ketemu sambel petai atau semur jengkol di meja makan, makan bisa dua kali lebih lahap.

Semur jengkol, salah satu olahan dari jengkol ini memang agak sedikit ribet cara pengolahannya. Namun citarasa yang dihasilkan sebanding dengan usaha yang dikeluarkan untuk memasaknya. Sedaap habis!! Selain bahan utama jengkol mentah, bumbu dapur yang utama perlu disiapkan tidaklah terlalu susah. Cukup bawang merah, bawang putih, cabe, dan kemiri, tentunya dengan garam dapur dan sedikit penyedap. Miri atau kemiri biasa digunakan untuk substitusi santan kelapa bagi yang tidak suka memakai kuah bersantan.

Jengkol yang dibeli di tukang sayur biasanya sudah dalam keadaan bersih dari kulitnya yang berwarna coklat tua. Tinggal dibersihkan lagi jika masih ada kotoran. Jengkol dibelah kepingnya menjadi dua bagian. Sebagian ibu-ibu memerlukan untuk membuang bakal tunas yang ada pada biji jengkol ini. Katanya sih untuk alasan kesehatan. Jengkol mentah yang keras ini kemudian direbus dengan air agar menjadi lebih lunak.

Selesai perebusan, buah jengkol akan menjadi lebih lunak namun masih tetap sedikit kenyal. Saatnya jengkol ini kita geprek sedikit agar lebih pipih, lunak dan bumbu lebih mudah meresap, jengkol siap dimasak dengan bumbu. Siapkan cabe rawit banyak-banyak untuk versi resep semur jengkol super pedas.

Bumbu yang telah diuleg halus ditumis dengan sedikit minyak goreng. Tambahkan sedikit air agar bumbu lebih merata pada buah jengkol. Masukkan jengkol dan aduk hingga rata, tambahkan gula dan penyedap rasa.

Bagi yang suka sedikit manis bisa ditambahkan gula, atau tambahkan sedikit kecap manis untuk rasa manis dan warna sedikit kecoklatan. Bagi yang suka warna kekuningan bisa ditambahkan kunyit. Variasi bahan atau bumbu tambahan lain yang bisa diberikan pada masakan semur jengkol ini ada lengkuas, daun salam, ataupun batang serai.

Meski sedap dan nikmat ada baiknya konsumsi jengkol terutama yang masih mentah ini secukupnya saja, karena isu kesehatan terutama terkait gangguan pada ginjal.

Bagikan

Terkait

Latest