Macam-macam Cara Perkembangbiakkan Tanaman Anthurium

Tanaman anthurium tetap memiliki banyak penggemar di kalangan pecinta tanaman hias. Terlepas dari turunnya nilai ekonomis tanaman anthurium akhir-akhir ini, karena tampilannya yang nyata menarik membuat tanaman ini tetap banyak diminati sebagai koleksi untuk menghias teras rumah. Tanaman ini memiliki banyak cara perkembangbiakkan jika anda ingin memperbanyak sendiri jumlah koleksi tanaman jenis anthurium di rumah baik generatif maupun vegetatif.

Semai Biji
Perbanyakan aneka jenis anthurium dalam jumlah banyak biasa dilakukan dengan penyemaian biji. Anthurium dewasa akan segera berbunga dan menyisakan tongkol yang ditumbuhi biji. Biji yang sudah masak ditandai dengan tongkol yang mulai mengering. Dari biji-biji ini nantinya dapat tumbuh tanaman baru yang bisa saja berbeda karakter dari induknya. Sebagian lebih menarik, sebagian mungkin tidak.

Untuk memproduksi jenis-jenis baru, praktisi biasa menyilangkan bunga-bunga anthurium yang berbeda hingga banyak dihasilkan jenis-jenis anthurium yang baru. Gelombang cinta dan hokkery mudah dibiakkan dengan semai biji. Biji-biji dari tongkol yang tidak terawat akan berjatuhan di tanah umumnya akan tumbuh sendiri, sehingga seringkali ditemukan banyak bibit-bibit tanaman muda disekitar pot tanaman.

tongkol-anthurium-gelombang-cinta-masak

Tongkol anthurium dewasa

Jika anda tidak sempat melakukan persemaian biji-biji, biarkan saja tongkol mengering di pohonnya. Tongkol yang dibiarkan mengering di pohonnya, biji akan tumbuh sendiri saat musim hujan mulai tiba. Saat itulah bibit-bibit anthurium baru dapat dipindah ke dalam pot tanpa-repot-repot melakukan penyemaian.

Anakan
Selain dari biji, banyak jenis anthurium yang menghasilkan rumpun karena banyaknya tumbuh anakan di sekitarnya. Anakan-anakan ini dapat dilakukan split untuk ditanam di pot tersendiri. Anakan yang akan dipisahkan telah memiliki akar sendiri dan daun yang cukup agar dapat tumbuh baik setelah dipisahkan. Terkadang besar anakan ini hampir sama besar dengan induknya, sehingga pemisahan anakan dapat memperbaiki pertumbuhan tanaman induk hingga tumbuh lebih maksimal. Beberapa jenis jenmani yang sukar berbunga, biasa dikembangkan dengan split anakan ini.

biji-anthurium-tumbuh-di-tongkol

Biji tumbuh sendiri di tongkol.

Setek
Umumnya setek dilakukan dengan cabang atau ranting tanaman. Untuk anthurium ini, jenis stek yang dapat dilakukan adalah stek bonggol tanaman. Bonggol tanaman yang panjang dapat dipotong-potong menjadi beberapa bagian yang pendek. Potongan-potongan ini kemudian dapat ditanam sehingga dapat dihasilkan banyak individu tanaman baru. Proses tumbuhnya tunas dapat memakan waktu beberapa bulan.

Potongan Batang Induk
Batang anthurium yang telah cukup kelihatan bonggolnya dapat dipotong menjadi dua. Potongan bagian atas dapat ditanam ulang hingga menjadi tanaman yang baru. Sementara, bonggol bagian bawah yang ditinggalkan dapat digunakan untuk setek bonggol atau dibiarkan tumbuh tunas-tunas tanaman yang baru.

Dari beberapa cara di atas, untuk mendapatkan variasi jenis yang baru, semai biji dengan perlakuan persilangan sebelumnya dapat menjadi pilihan. Tentunya bukan satu proses yang singkat dan mudah, tidak mengherankan jika jenis-jenis baru yang dihasilkan akan memiliki harga yang tinggi karena kelangkaannya proses mendapatkannya yang sulit dan perlu ketekunan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *