Manfaat Air Limbah Kolam Lele untuk Pengairan Tanaman Pekarangan

Di area pekarangan samping rumah sederet pohon cabe dalam guludan tanah kecil ditanam. Karena tidak terkontrol pengairannya, cabe-cabe jenis rawit ini sempat merana dan tumbuh kerdil. Sejak diletakkan dua buah drum untuk memelihara ikan lele di dekatnya, kini tanaman-tanaman cabe itu kembali bergairah tumbuh. Sisa limbah buangan air kolam lele saat penggantian air diganti dimanfaatkan untuk pengairan. Air limbah kolam dibuatkan saluran ke arah deretan cabe. Di sejumlah daerah, memang limbah sisa kolam lele ini banyak dijadikan bahan pembuatan pupuk cair.

Cabe-cabe yang semula kerdil kini tumbuh kembali dengan segar dan bertambah besar. Sebagian malah sudah mulai berbunga dan mengeluarkan buah. Meskipun tidak setiap hari diairi dari kolam, volume yang lumayan banyak digelontorkan saat pergantian air menjadikan tanah tetap tahan lembab beberapa hari.

Air limbah dari kolam ini yang tidak mendapatkan perlakuan khusus sebelum diberikan pada tanaman ini, ternyata tidak terjadi masalah yang berarti seperti daun yang menguning atau tanaman yang daunnya hangus seperti terbakar atau keracunan. Air kolam dialirkan tidak tepat mengenai pokok tanaman, namun dilewatkan beberapa puluh centi dari tanaman.

limbah-lele-dan-pohon-cabe

Nasib mujur juga dialami dua buah pohon labu atau waluh yang tumbuh di dekat kolam. Tanaman yang tumbuh tidak disengaja ini, juga mendapatkan siraman air limbah kolam. Karena terlihat menjanjikan akhirnya ini tanaman dipelihara saja dan dirambatkan ke atas genteng.

tanaman-waluh-dan-limbah-lele

Aliran air limbah kolam membuatnya tumbuh sangat subur, berdaun hijau dan kini mulai berbuah. Saking suburnya, genteng atap kandang ayam yang dijadikan tempat merambatpun hampir tertutup oleh sulur dan dedaunan.

limbah-lele-bikin-subur

Buah-buah mudapun mulai bermunculan. Tidak ada perawatan khusus yang diberikan selain penyiraman dan pemotongan tunas air yang tumbuh di batang bagian bawah.

labu-besar-di-atas-genteng

Pohon yang subur membuat buahnya besar-besar. Nampak salah satu buah yang masih berwarna hijau hampir-hampir sebesar bola gepeng. Buah waluh yang sudah tua akan berwarna coklat. Dengan tumpuan rambatan di atas genteng ini tidak perlu takut tangkai labu yang besar akan putus sebagaimana sering terjadi jika hanya bertumpu pada batangnya sendiri.

One thought on “Manfaat Air Limbah Kolam Lele untuk Pengairan Tanaman Pekarangan

  1. ARIP

    SETUJU PAK. MALAH SAYA NGGAK SADAR KENAPA BUAH-BUAHAN DIHALAMAN RUMAH MANISNYA MELEBIHI STANDAR SEPERTI BELIMBING, SIRSAK, MANGGA JUGA ALPUKAT YANG SUPER BESAR. TERNYATA PENGARUH AIR LELE YANG SEKALI-KALI SAYA SIRAMKAN KE TANAMAN. FAKTOR ITU MUNGKIN.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *