Membuat Alternatif Saringan Pompa Kolam dengan Ember Bekas Cat

Pompa air atau pompa akuarium sangat penting jika anda menggunakan akuaponik model aliran air ke dalam pipa atau wadah. Kendala yang sering dihadapi adalah seringnya pompa macet akibat tersumbat kotoran terutama kolam yang terletak di ruang terbuka tanpa penutup. Meskipun pompa ini sudah dilengkapi dengan saringan, namun karena terlalu kecil pompa seringkali macet dan air tersumbat mengalir. Solusinya dibuatkan saringan yang lebih besar alias rumah pompa, yang mampu menutupi seluruh bodi pompa air.

Ember Bekas Cat
Sediakan ember bekas cat ukuran 5 kg, cari yang masih lengkap dengan tutupnya. Sisa-sisa bekas cat yang masih menempel dibersihkan dulu. Caranya bisa digosok dengan kain kasar plus tambahan sabun cuci. Cat yang tebal bisa dikerok dulu dengan ujung pahat yang datar.

Setelah dicuci bersih kaleng cat bisa dikeringkan terlebih dahulu. Proses mulai pembuatan lubang saringan dengan menggunakan kawat yang dipanaskan. Atau gunakan solder listrik agar lebih cepat.

Ukuran lubang dibuat sebesar diameter mata solder saja, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Lubang yang terlalu kecil mudah tersumbat meski hanya oleh lumpur kolam. Sementara lubang yang terlalu besar sisa-sisa daun dapat masuk ke dalam dan menyumbat saringan pompa.

ember-bekas-cat-5kg

Lubang dibuat merata di semua sisi ember dan tutup, termasuk bagian alasnya. Untuk jalan selang atau pipa pvc dari pompa akuarium bisa dibuat satu lubang pada bagian tutup ember. Sementara untuk jalan masuknya kabel listrik pompa air bisa dibuat lubang pada bibir ember atau tepi tutup ember.

Posisi pompa dimasukkan di dalam ember. Setelah selang atau pipa pralon keluar dipasang, ember ditutup dan siap dimasukkan ke dalam kolam. Alasnya yang berbentuk datar membuat saringan ini mudah diletakkan di dasar kolam tanpa takut terguling. Saringan siap dioperasikan.

Agar saringan dan pompa tidak bergeser, pipa bisa diikat dengan tali pada dudukan yang ada di sekitar kolam. Jika tidak ditali, pompa beserta embernya dapat bergeser hingga naik miring ke atas akibat tarikan gerakan air bila sumbatan pada dinding-dindingnya cukup banyak.

saringan-pompa-kolam-ember

Saringan pompa, posisi pompa dimasukkan ke dalam ember.

Tali plastik yang ada pada ember tidak perlu dipotong, berguna untuk memudahkan saat mengangkat dan menurunkan pompa ke dalam kolam.

Kinerja Model

Saat hanya mengandalkan saringan bawaan pompa air saja, dalam sehari bisa satu atau dua kali pompa mengalami kemacetan akibat sumbatan. Begitupun pernah dicoba menambah saringan dengan botol aqua yang dilubangi. Hasilnya masih belum memuaskan dan sering macet. Dengan saringan yang baru dari ember, sudah seminggu lebih dioperasikan pompa masih berjalan dengan baik.

Sumbatan tetap ada pada lubang-lubang yang dibuat dalam ember, namun karena banyaknya lubang yang ada, aliran air tetap dapat masuk ke dalam dengan baik melewati lubang yang masih banyak terbuka. Pembersihan saringan dari kotoran baik tetap dilakukan secara rutin, satu atau dua minggu sekali untuk meminimalkan kemacetan pompa air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *