Peluang Usaha Ternak Semut Kroto Ngangrang

Cara memelihara semut kroto. Di tengah makin meningkatnya animo masyarakat dalam memelihara burung, persediaan kroto di alam semakin banyak diburu orang. Untuk apalagi jika bukan untuk memberi pakan burung peliharaan. Belum lagi jika burung yang dimiliki memiliki suara yang bagus dan berharga mahal, tentu tidak segan-segan pemiliknya untuk mengeluarkan dana lebih pembeli kroto semut. Hal ini memicu makin langkanya kroto di alam dan membuka peluang usaha untuk budidaya ternak semut ngangrang yang menghasilkan kroto.

Pakan burung berkualitas tinggi
Telur semut ngangrang atau ngangkrang dipercaya banyak pemilik burung sebagai pakan dengan kualitas tinggi. Kandungan gizinya diyakini banyak penghobi burung dapat meningkatkan stamina dan kualitas suara burung ocehan. Burung ocehan yang umum dipelihara seperti kacer, kenari, murai, kutilang, jalak hingga lovebird menyukai menu pakan ini.

Bibit Ternak Semut Kroto
Untuk memulai beternak semut ngangrang, bisa diperoleh bibit dari alam liar. Di pedesaan masih banyak terdapat sarang-sarang semut ngangrang. Pohon favorit di daerah sini yang sering menjadi tempat bersarang adalah pohon gayam yang memiliki daun lumayan lebar sehingga semut suka bersarang.

Jika susah mencari bibit dari alam, bisa pula memesan bibit dari peternak lain yang sudah lebih dulu eksis. Biasanya bibit akan dikirim dalam toples-toples yang diberi lubang-lubang kecil dan dimasukkan ke dalam karung.

Tempat Pemeliharaan
Buat meja atau rak-rak bertingkat  yang dibuat tinggi dari lantai. Jika menggunakan bambu, sebaiknya menggunakan bambu kualitas baik sehingga tidak mudah berbubuk yang akan mengotori kandang. Kandang yang penuh dengan bubuk bambu atau thether tidak akan dijamah oleh semut sehingga aktivitasnya terganggu.

Untuk tempat tinggal semut bersarang dapat digunakan tabung bambu, toples plastik, pralon, atau botol-botol bekas air mineral yang diberi lubang-lubang.

rak-pemeliharaan-semut-kroto

Pada keempat bagian kaki-kaki rak diberikan bak yang berisi air agar semut tidak keluar dari area tempat tinggalnya. Agar air dalam bak tidak menjadi sarang nyamuk, rajin-rajin diganti airnya secara berkala, atau diberikan ikan kecil untuk memakan jentik nyamuk. Ikan jenis cethul / cetul atau pethul / petul dapat digunakan untuk keperluan itu.

Makanan Semut Ngangkrang
Peternak semut nganrang biasa memberikan gula yang dilarutkan dalam air dan ditempatkan dalam bak-bak kecil atau baki. Tempatkan bak-bak cairan manis ini di beberapa tempat pada rak pemeliharaan semut.

larutan-gula-pakan-semut

Selain cairan gula, semut ngangrang menyukai makanan lain yaitu ulat hongkong. Ulat hongkong dapat diperoleh dengan mudah di kios-kios penjual makanan ternak khususnya untuk burung. Selain disukai semut, cicak-cicak yang banyak di sekitar rumah juga menyukai ulat hongkong ini, sehingga sering mengganggu jatah makan yang diberikan untuk semut.

ulat-hongkong-makanan-semut-kroto

Jika ada sisa-sisa tulang ayam atau tulang ikan dari dapur bisa diberikan sebagai pakan tambahan untuk semut. Jika semut tidak merespon, segera buang saja makanan-makan itu karena rawan busuk dan berjamur.

Nilai Ekonomis Ternak Semut Kroto
Telur-telur semut laku dijual untuk makanan burung ocehan. Hasil produk ternak kroto dapat ditawarkan ke kios-kios penjual makanan burung. Selain itu, jika koloni semut yang dimiliki sudah cukup banyak, peternak dapat menjualnya dalam bentuk bibit semut.

Untuk tujuan ini, tempatkan banyak toples kosong yang diberi lubang-lubang untuk pengembangan koloni. Secara alami, semut akan menempati wadah-wadah baru untuk mengembangkan koloninya sehingga toples-toples yang berisi semut semakin banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *