Pengantar Teknik Dasar Hidroponik

Kelebihan utama bercocok tanam dengan sistem hidroponik di antaranya tidak memerlukan pengolahan tanah alias tanpa mencangkul, hemat tempat dan kuantitas produksi yang lebih tinggi. Selain itu area untuk bertanam hidroponik biasa dibuat terlindungĀ  bagian atas dan samping sehingga hama pada tanaman dapat lebih minimal. Apa yang diperlukan untuk dapat mulai bertanam cara hidroponik? Beberapa hal yang anda perlukan untuk memulai bertanam hidroponik di antaranya sebagai berikut:

Lokasi Tanam
Lokasi tanam dapat dilakukan dimana saja, yang penting dapat tercapai oleh sinar matahari. Anda dapat meletakkannya di teras rumah, halaman samping atau belakang rumah. Sebagian orang menempatkannya di depan rumah sekaligus sebagai hiasan yang menarik.

Bibit Tanaman
Bibit tanaman relatif mudah diperoleh. Untuk hidroponik yang mudah dan umum dapat disiapkan bibit dari jenis sayuran berdaun seperti kangkung darat, selada hijau atau selada merah, bayam merah, aneka jenis sawi, dan seledri. Untuk sayuran berbuah dapat dicoba tanaman tomat, paprika, cabe atau terung.

Media Tanam
Media tanam yang umum digunakan adalah arang sekam bakar, rockwool, akar pakis, busa, kerikil atau pecahan genteng. Untuk tanaman yang diberikan media dengan volume cukup banyak biasa digunakan arang sekam atau cocopeat.

Netpot
Pot-pot untuk tanaman hidroponik biasa berukuran kecil saja. Dapat digunakan barang-barang bekas untuk keperluan ini seperti gelas aqua bekas, atau botol bekas. Untuk hidroponik model siram atau diguyur dengan nutrisi dapat digunakan polibag atau pot seperti tanaman biasa.

Nutrisi
Bertanam secara hidroponik tidak memerlukan tanah. Unsur hara diperoleh tanaman dari nutrisi yang dilarutkan dalam air. Nutrisi khusus untuk hidroponik dapat anda peroleh di toko-toko pertanian dengan berbagai merek. Atau jika ada keahlian, dapat pula mencoba untuk meramu nutrisi sendiri.

Wadah Nutrisi dan Distribusi
Tempat penampungan nutrisi berguna untuk menampung dan mendistribusikan larutan nutrisi hingga sampai ke akar tanaman hidroponik. Berbagai wadah dan saluran yang diperlukan berkaitan dengan model hidroponik yang akan digunakan. Wadah dan saluran ini bisa berupa aneka jenis bak, ember, pipa paralon, talang air, atap plastik bergelombang, dan juga batang bambu.

hidroponik-selada-merah-pipa-pvc
Selada merah di tanam secara hidroponik dalam pipa PVC.

Demikian 6 hal yang perlu anda siapkan untuk mulai bisa bertanam dengan sistem hidroponik. Umumnya dari 6 hal tadi hanya satu saja yang belum dimiliki yaitu nutrisi hidroponik.

Beberapa peralatan hidroponik tingkat lanjut yang tidak harus anda miliki terlebih dahulu diantaranya pompa air, kipas angin, alat mengecek kepekatan larutan (EC meter), dan alat pengecekan pH (pH meter).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *