Pohon Talok Si Kecil yang Berkhasiat Obat

Barangkali tanaman inilah yang paling sering dijumpai di pinggiran jalan sebagai peneduh. Dari tukang tambal ban, kios angkringan hingga pedagang kakilima banyak memanfaatkan jasa tanaman talok alias kersen sebagai peneduh. Tajuknya yang rindah, mudah tumbuh dengan subur, dan gampang ditanamĀ  menjadikan tanaman ini banyak terlihat tumbuh di pinggir jalan.

Buah pohon talok yang bulat kecilĀ  juga banyak disukai kelelawar dan beberapa jenis burung. Itulah mengapa pohon talok banyak tumbuh di sembarang tempat, karena bijinya terbawa kelelawar maupun burung. Belum lagi buah yang jatuh ke sungai atau selokan menjadikannya tumbuh di mana-mana tempat. Buah ini berwarna hijau dikala muda dan merah saat sudah matang. Rasanya manis segar disukai anak-anak sambil bermain mencari-cari buah talok sepulang pergi sekolah.

Ternyata dibalik buahnya yang kecil dan tidak banyak mendapat perhatian sementara orang, buah talok mengandung beberapa manfaat. Memang segala sesuatu yang diciptakan Tuhan pastilah ada manfaatnya. Tidak terkecuali buah talok yang kecil ini.

pohon-talok

Buah talok dipercaya beberapa kalangan dapat membantu mengatasi masalah asam urat, diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol. Sebagian lagi menyebutkan buah talok bermanfaat untuk mengatasi masalah batuk bahkan sebagai anti kanker. Sementara itu daun kersen diberitakan dapat digunakan sebagai antiseptik, anti peradangan dan perlindungan pada organ jantung.

Terlepas dari beragam manfaat dan perlunya data lebih lanjut kandungan dari buah dan daun kersen sehingga dipercaya mengatasi beberapa penyakit di atas, buah kersen yang segar tentunya memiliki banyak kandungan vitamin, terutama vitamin C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *