Praktek Cara Sambung Pucuk dengan Tanaman Tomat dan Labu

Awalnya yang ingin dilakukan adalah menyambung tanaman tomat dengan tanaman semangka. Pernah membaca pada suatu artikel bahwa tomat dapat disambung dengan semangka. Kalau tidak salah di Australia. Dari situ, saat menemukan biji yang tumbuh di pekarangan rumah langsung dipindah ke dalam polibag. Ternyata setelah besar biji tadi bukanlah semangka namun sejenis labu. Akhirnya sekalian dicoba sambung pucuk antara tomat dan labu atau waluh sebagai batang bawah.

Batang Besar dan Perakaran Banyak
Sebagaimana diketahui, labu ini dapat memiliki batang yang cukup besar. Akarnyapun pasti cukup banyak karena harus mensupport daunnya yang besar dan rimbun. Belum lagi buahnya yang umumnya besar-besar setingkat semangka jumbo. Yang penting lagi, sebagaimana banyak tumbuhan dijadikan alternatif sambung pada tanaman berusia pendek adalah masa produksinya yang lama. Tanaman labu memiliki usia yang relatif cukup panjang dibandingkan tanaman tomat.

Mudah dilakukan
Seperti halnya proses sambung pada tanaman lunak lainnya, sambung pucuk pada kedua tanaman ini berlangsung mudah. Dengan silet yang tajam kedua proses memotong dan menyayat pada kedua tanaman ini tidak akan terjadi kesulitan. Entres tomat diambil dari cabang muda yang menyertakan kuncup daun. Tanaman labu yang digunakan termasuk subur meskipun hanya tumbuh dalam polibag kecil.

bibit-labu-untuk-sambung

Gambar photo diambil sebagian saja, saat entres tomat diselipkan ke batang labu yang telah dipotong dan dibelah. Tentunya setelah proses di atas segera dilakukan proses pengikatan dengan tali dan penutupan sambungan dengan plastik seperti biasa.

Lambat
Beberapa hari setelah sambung pucuk dilakukan, entres atas dari tomat nampak tetap segar. Tidak seperti saat disambung dengan terung atau cepokak, pertumbuhan daun tomat belum begitu nampak. Yang nampak tumbuh justru tunas-tunas cabang baru di beberapa ketiak daun tanaman labu. Agar tidak mengganggu proses menyatunya sambungan, tunas ini telah dilakukan pemotongan.

sambung-pucuk-labu-dan-tomat

Pada sambung dengan menggunakan tanaman tomat, terung atau cepokak yang telah banyak dilakukan sebelumnya, dalam beberapa hari saja kuncup daun yang diikutkan di entres atas sudah kelihatan bertambah besar.

Titik-titik embun air juga sudah mulai muncul pada dinding plastik penutup. Biasanya sih ini ada indikasi sambungan berhasil. Namun belum bisa diprediksi apakah sambungan ini berhasil ataukah gagal.

Beberapa hari ke depan mungkin sudah mulai kelihatan, berhasil atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *