Profile Singkong Karet Sumber Batang Atas Ketela Sambung

Di kala tumbuh sendirian, singkong karet atau manihot glaziovii nyaris minim penggunaan. Meskipun daunnya dapat digunakan sebagai bahan sayur atau bahan pakan ternak namun banyak yang masih menghindarinya. Takut keracunan itulah yang berkembang di sebagian masyarakat tentang pemanfaatan singkong karet ini. Lain halnya dengan singkong karet yang dijadikan batang atas untuk proses sambung. Ubi karet terbukti hebat saat dijadikan batang atas dengan hasil singkong sambung yang besar-besar.

Daun yang Lebar
Singkong karet memiliki daun-daun yang lebar dan tebal, lebih lebar dan lebih besar dari ukuran daun singkong selain karet. Ukuran yang besar ini ditengarai menjadi penyebab maksimalnya hasil fotosintesis yang dihasilkan oleh daun-daun singkong karet. Tidak heran jika hasil ubi sambung yang menggunakan singkong karet sebagai batang atas bervolume super besar.

Umur Tahunan
Selain daunnya yang lebar dan besar, pokok singkong karet mudah dikenali dari batangnya yang besar. Maklum biasanya singkong-singkong ini seringkali ditebang pangkas dan tumbuh lagi,  tebang dan tumbuh lagi hingga bertahun-tahun. Meskipun begitu jangan dibayangkan pohon singkong karet ini memiliki umbi yang sangat besar. Singkong karet dilaporkan hanya memiliki umbi yang kecil, semacam akar yang menggembung saja.

pohon-singkong-karet-batang-besar
gambar pohon singkong karet

Stigma Racun, Asam Sianida
Daun singkong karet mengandung asam sianida atau HCN. Kandungan asam sianida yang tinggi memang dapat memabukkan ternak atau manusia jika dimakan. Inilah penyebab dari keracunan daun singkong karet yang sering terjadi pada ternak. Ternak yang kejang-kejang hingga sesak napas setelah mengkonsumsi daun singkong segar merupakan tanda keracunan. Biasanya ini terjadi pada kambing yang lepas dari kandang sehingga makan sendiri daun singkong karet yang tumbuh di ladang atau pagar rumah.

Kandungan asam sianida ini sebenarnya dapat dikurangi dengan perlakuan tertentu. Penjemuran daun singkong sebelum diberikan pada ternak dapat menurunkan kandungan sianida yang ada pada daun. Selain dijemur, sianida dapat dikurangi konsentrasinya dengan perebusan. Daun singkong direbus dengan air kemudian air rebusannya dibuang. Setelah itu daun  dicuci dengan air mengalir.

batang-singkong-karet-besar
batang super besar

Manfaat singkong Karet
Selain sangat diperlukan untuk proses sambung singkong sebagai batang atas, beberapa bagian dari singkong karet sebenarnya dapat dimanfaatkan. Banyak ibu rumah tangga yang menggunakan daun singkong karet untuk dijadikan sayur dengan komentar bahkan lebih enak dibandingkan singkong jenis lain. Selain untuk sayur, daun singkong karet sebenarnya dapat dijadikan pakan ternak. Agar ternak tidak mabuk atau keracunan daun singkong jenis ini, sebelum diberikan sebagai pakan, daun-daun singkong harus dijemur dulu atau dilayukan. Daun yang sudah layu baru dapat diberikan ternak keesokan harinya. Selain untuk pakan secara langsung, daun singkong ini juga dapat dijadikan tepung daun singkong untuk campuran pakan tambahan ternak seperti kambing maupun sapi.

singkong-karet-pangkas

Pasca pemangkasan, daun muda

Tahan Pemangkasan
Saat dimanfaatkan daunnya untuk berbagai keperluan, pohon singkong karet tentunya seringkali dipotong cabangnya atau dipangkas. Kelebihan pohon singkong karet ini saat dijadikan sumber hijaun, yaitu tahan terhadap pemangkasan. Jika sebagian tanaman akan terganggu pertumbuhannya akibat terlalu sering dipangkas, lain halnya dengan pohon singkong karet. Pohon karet segera menumbuhkan cabang-cabang yang baru setiap kali habis dipangkas. Apalagi usianya yang relatif panjang, tidak heran jika pokok singkong karet ini dapat besar-besar dan makin rimbun.

Singkong karet meskipun tidak diambil umbinya banyak ditanam petani untuk persediaan entres sambungan. Tiap kali setelah pemangkasan, dapat diperoleh puluhan entres muda yang dapat dijadikan batang atas untuk sambungan singkong.

5 thoughts on “Profile Singkong Karet Sumber Batang Atas Ketela Sambung

  1. Tommy Munthe

    Paduan 2 singkong ini dpt jadi solusi petani hasil lebih.mantap.

    Reply
  2. Heru

    Siap beli segala jenis singkong (singkong enak maupun singkong pahit) asal kondisi singkong segar & ukuran besar saya bayar kontan. harga tinggi karena kami pemakai singkong langsung. Kebutuhan kami 30 ton/hari. Kirim 3 ton – 8 ton/hari pun saya beli. Hub. Bpk Heru Malang – Jawa Timur Hp/Wa 081334272800. NB: selain beli singkong saya menjual singkong sortiran ukuran kecil/krucil kondisi segar fress untuk pakan ternak sapi, kambing, domba, babi & unggas. Juga bisa untuk bahan tepung pakan ternak. kapasitas 8 ton/hari. Website saya di http://www.belisingkongsegar.blogspot.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *