Sambung Pucuk Tomat dan Terong alias Torong Begini Caranya

daunijo.com- Salah satu praktek untuk belajar sambung pucuk yang mudah adalah mencoba sambung pucuk tomat pada batang terong. Selain tekstur batangnya yang lunak, bibit tomat dan terong relatif mudah diperoleh di sekitar rumah. Batang yang lunak relatif lebih mempermudah proses penyayatan. Tomat dijadikan entres atas sementara tanaman terong dijadikan batang bawahnya. Hasil sambungan ini nantinya dapat memperpanjang usia produksi tanaman tomat. Selain itu perakaran yang dibawa oleh tanaman terong dikenal lebih kokoh dan batangnya lebih kuat daripada tomat.

Bibit terong sebagai batang bawah
Bibit terong dapat disemai sendiri, atau membeli yang sudah tumbuh beberapa centimeter. Tanam bibit dalam polibag. Bibit terong yang dipilih masih dalam tahap pertumbuhan awal. Selain batang masih muda, juga kelihatan cukup segar dan sehat. Bibit ditanam dalam polibag agar mudah dipindahkan. Pilih lokasi yang teduh agar tidak kepanasan.

Lakukan pemotongan batang tanaman terong. Gunakan saja silet tipis yang tajam. Tinggi bisa diambil beberapa centimeter dari tanah atau disesuaikan keinginan anda. Berhubung bagian bawah bentuknya agak kecil, maka diambil batang yang lebih tinggi yang diameternya lebih besar.

batang-bawah-terung-tomat
batang bawah terong

Tidak perlu dibentuk menjadi huruf V, karena penyayatan tepat di tengah batang ke arah bawah otomatis akan memunculkan huruf V pada sayatan.

sayatan-terong-batang-bawah

luka sayatan

Sayatan Entres tomat
Entres tomat dapat diambil dari bibit tomat yang baru tumbuh atau dari percabangan tomat yang sudah besar. Daun berukuran besar yang ada bisa dipangkas dan disisakan calon tunas saja. Entres disayat runcing seperti gambar di atas.

entres-atas-tomat-terong

entres atas tomat

Panjang sayatan yang dibuat sesuaikan dengan belahan pada batang bawah. Di sini diambil entres yang memiliki tunas muda pada ketiak daunnya, dengan harapan agar lebih cepat tumbuh. Entres yang belum membawa calon tunas, jika sambungan berhasilpun biasanya akan lama tumbuhnya.

Tempel entres atas ke batang bawah
Selipkan entres atas ke belahan batang bawah. Periksa apakah kedua permukaan menempel dengan baik. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan jaringan yang akan ditempelkan.

menempel-tomat-terong

Ikatan tali
Setelah yakin kedua permukaan menempel dengan baik, lakukan pengikatan sambungan dengan tali. Jika khawatir tali plastik yang digunakan dapat mengakibatkan busuk, gunakan tali dari bahan alami seperti tali dari bahan pelepah pisang.

tali-tomat-terung
tunas awal, 1 cm

Pada praktek yang pernah dilakukan, dengan tali plastik juga bisa tumbuh dan tidak busuk.

Tutup plastik
Terakhir, kerudungi sambungan dengan kantong plastik kecil yang transparan. Untuk sementara tempatkan sambungan yang masih baru ini di tempat yang teduh. Tunas-tunas air yang muncul pada tanaman terong di bawah sambungan bisa dibuang.

selesai-sambungan-terong-tomat

Dengan hilangnya tunas air, kegiatan transportasi zat pada batang dapat terfokus diarahkan ke atas melalui daerah sambungan. Biasanya jika muncul embun yang menempel pada dinding di dalam plastik, ciri-ciri kemungkinan sambungan berhasil lebih tinggi.

hasil-sambung-terong-tomat-hidup
tunas 5 hari, 3 cm

Penampakan sambung terong-tomat setelah 5 hari. Tunas yang ada pada ketiak daun telah bertambah panjang beberapa centimeter, menandakan penyambungan yang berhasil.

One thought on “Sambung Pucuk Tomat dan Terong alias Torong Begini Caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *