Daun Ijo

Ikuti

Tanaman Unik Satu Pohon Bisa Hasilkan Panen 4 Macam Sayuran Buah

Bagikan

daunijo.com- Beberapa foto berikut ini menampilkan contoh hasil sambung antar anggota dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang sudah berhasil berbuah. Sambungan dilakukan pada tanaman bawah terung pipit (Solanum torvum) dengan 3 jenis pucuk dengan metode sambung pucuk. Tomat (Solanum lycopersicum), terung (Solanum melongena) buah ungu , dan terung buah hijau dijadikan entres atasnya.

Secara umum proses sambung antar tanaman anggota suku terung-terungan ini bisa dilakukan dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Dari beberapa variasi penyambungan yang pernah dilakukan, sambung antara tanaman terung dan takokak paling tinggi persentasi keberhasilannya. Disusul dengan sambung pucuk tanaman terung dengan tanaman tomat dan di bawahnya antara tomat dengan takokak.

Tanaman takokak yang disambung berusia kurang lebih satu setengah tahun yang ditanam dalam polibag karung plastik. Diameter batang bagian bawah sekitar 3 cm dengan tinggi tanaman hampir 3 meter. Dari 4 titik sambung yang dilakukan kesemuanya dapat hidup dengan baik. Dari 3 hasil sambungan yang dipelihara, semuanya telah berbuah. Ditambah dengan cabang takokak sendiri, ada 4 macam jenis tanaman sayuran buah dalam satu pohon ini.

sambung-tanaman-solanum-kombinasi

Karena akar tanaman takokak yang disambung telah masuk ke tanah dan sukar untuk dipindahkan, proses sambung langsung dilakukan tanpa memindahkan ke tempat yang teduh. Dengan bantuan sungkup plastik pada tiap-tiap sambungan, meski langsung terkena sinar matahari sambungan dapat tumbuh juga dengan baik.

Foto di bawah diambil dua bulan sejak sambungan dilakukan. Diperlukan waktu sekitar 10 hari untuk membuka sungkup plastik pada sambungan terung hijau dan terung ungu. Sementara untuk tanaman tomat, perlu waktu yang lebih lama sekitar satu bulan baru benar-benar dibuka sungkup plastiknya.

tanaman-kombinasi-terung-hijau-ungu-tomat-cepokak-berbuah

Terung ungu dengan warnanya yang mencolok tampak mendominasi dengan tiga buahnya yang dihasilkan. Sementara terung hijau meski paling dulu perkembangan tumbuhnya baru menghasilkan satu buah saja.

sambung-tomat-takokak-terung-berbuah-lebat

Meskipun paling lambat tumbuh saat penyambungan, tomat yang disambung malahan berbuah paling awal dari yang lain. Begitu mulai tampak tumbuh pucuknya langsung diikuti dengan kemunculan bunga.  Jumlahnya paling banyak dibandingkan yang lain meskipun kecil-kecil. Video terung 3 in 1.

Bagikan

Terkait

Latest