Tekanan Darah Naik? Tanaman Ciplukan Mampu Menurunkannya

Pekerjaan membersihkan pekarangan rumah dari tanaman liar menjadi rutinitas tahunan. Tanaman liar dibabat agar pekarangan tetap bersih dan rapi. Awal musim hujan memang pekarangan rumah akan kembali dihiasi dengan aneka tanaman liar semusim. Biji-bijian tanaman yang tersimpan dalam tanah musim hujan sebelumnya berlomba-lomba untuk tumbuh berkembang. Pekerjaan rumahpun bertambah. Namun satu dua jenis dari tanaman liar ini tidak perlu dibabat terutama bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Ciplukan, tanaman liar semusim ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Ciplukan masih sekerabat dengan tanaman terung dan tomat. Zaman dulu di pelajaran ilmu alam sekolah, batang ciplukan ini banyak digunakan untuk praktek percobaan sambung pucuk. Batang ciplukan dapat disambung dengan tomat atau terong. Buah ciplukan kecil-kecil sebesar kelereng saja. Biji-bijinya penuh di dalam buah yang diselubungi dengan semacam ruangan kelopak yang rapat. Bentuknya seperti kubah masjid yang terbalik dan menggantung. Satu tangkai untuk satu buah.

Penurun Tekanan Darah Tinggi
Tanaman ciplukan kini banyak dicari untuk keperluan kesehatan. Orang-orang yang mencari herbal sebagai pengganti obat kimia pabrik untuk mengatasi tekanan darah yang tinggi banyak melirik tanaman ini. Rebusan tanaman ciplukan yang telah dikeringkan dipercaya untuk menurunkan tekanan darah tinggi juga masalah diabetes millitus. Selain itu sebuah laporan menyebutkan akar tanaman ciplukan dapat dimanfaatkan untuk obat panas demam dan obat cacing. Buah tanaman ini sering dimanfaatkan untuk memperlancar air seni juga untuk sakit perut.

buah-ceplukan

Tanaman dalam Pot
Tanaman ciplukan di sekitar rumah biasanya tidak dapat ditemui sepanjang tahun. Saat musim kemarau, tanaman ini akan segera lenyap dari pekarangan. Musim hujan yang akan datang baru akan muncul lagi bersama tanaman-tanaman liar yang lain. Untuk mendapatkan persediaan herbal tanaman ini sepanjang tahun, ciplukan bisa ditanam dalam pot atau polibag plastik saja. Bibit tanaman bisa diperoleh dari menyemai biji-biji ciplukan yang telah matang. Tanaman yang sudah besar dan sudah berbuah dapat dicabut sekaligus untuk kemudian dijemur dalam sinar matahari hingga kering. Sewaktu-waktu memerlukan tinggal kita merebusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *