Wisata Pantai Pasir Putih Indrayanti Gunungkidul

Pantai Pulang Sawal biasa disebut pantai Indrayanti terletak di Gunungkidul Yogyakarta. Pantai ini memiliki pasir putih dengan pemandangan alam yang eksotis. Di sisi hamparan pasir putih terhampar karang-karang landai tempat anak-anak kecil dapat bermain mencari ikan, bulu babi maupun bintang laut atau gurita. Pantai Indrayanti tergolong cukup bersih dibandingkan destinasi wisata pantai-pantai yang lain.

Pantai Indrayanti berjarak sekitar 30 km dari Kota Wonosari dan 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari arah kota Solo menuju Yogya, setelah sampai pertigaan Candi prambanan belok kiri arah Piyungan. Dari jalan ini anda dapat di pandu oleh petunjuk-petunjuk yang ada di pinggir jalan, sehingga kecil kemungkinan tersesat di jalan. Pantai Indrayanti terletak setelah pantai Sundak. Jalan menuju pantai berkelok-kelok dan naik turun sehigga harus ekstra hati-hati saat berkendara. Jalan yang masih sempit sering menimbulkan kemacetan terutama saat berada di tikungan-tikungan dan berpapasan dengan bus-bus besar wisata dari luar kota.

Lokasi sekitar pantai didominasi oleh hutan dan perbukitan. Sudut pandang yang menonjol adalah beberapa bukit terjal yang hijau di pinggiran pantai, seperti umumnya pantai di jalur laut selatan pulau Jawa. Di sebelah bawah hamparan pasir terdapat hamparan karang yang cukup landai. Meskipun landai, anda harus tetap hari-hati dengan ketajaman karang dan licinnya beberapa batu. Di antara batu-batu karang ini banyak terdapat seperti rambutan dengan bulu berwarna hitam. Orang menyebutnya bulu babi.

sudut-pandang-pantai-indrayanti

Tidak mudah untuk mengambil bulu babi ini, karena menempel dengan kuat di antara jepitan-jepitan karang. Ada juga hewan kecil-kecil yang memiliki banyak tentakel berwarna hitam, mungkin sebangsa gurita. Ikan-ikan kecil berwarna-warni dapat ditemukan di sini. Hamparan karang dipenuhi pengunjung yang mengajak anak-anak mencari hewan laut. Jika anda tertarik mengajak anak-anak menangkap ikan namun tidak membawa alat,  tidak usah khawatir banyak dijual jaring-jaring kecil dan ember sebagai tempat wadah ikan.

bulu-babi-karang-indrayanti

Karang tempat sembunyi biota laut.

Pantai Indrayanti berpasir putih dan cukup terpelihara kebersihannya. Jika cuaca sangat terik, anda dapat menyewa payung-payung lengkap dengan tikar untuk satu keluarga yang berjejer rapi di pinggir pantai. Sayangnya ombak di bawah cukup besar sehingga tidak baik untuk mandi atau bermain air lebih jauh ke tengah. Petugas sekurity pantai berkali-kali harus mengingatkan pengunjung agar tidak masuk air lebih dalam, karena bahaya ombak dan palung yang dalam.

vegetasi-pantai-indrayanti

Vegetasi khas pinggir laut, pandan, cemara, dan kelapa.

Lelah bermain dipantai anda dpat beristirahat di resotaran atau cafe yang berderet di tepi. Sederetan dengan mushola sebagai tempat sholat dan kamar-kamar mandi untuk tempat bilas atau mandi. Harganya cukup murah hanya duaribu rupiah satu orang.

sudut-parkiran-pantai-indrayanti

Tempat parkir cukup banyak tersedia, meskipun jika anda datang belakangan, tempat parkir agak jauh dari pantai sehingga harus berjalan kaki agak jauh.

Selain pantai indrayanti, pantai-pantai yang berdekatan yang dapat dikunjungi adalah pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak.

belalang-goreng-gunungkidul

Selain berbagai cinderamata seperti kaos, sendal dan kerajinan laut, anda bisa membawa pulang aneka keripik dari ikan laut. Dan jangan lupa untuk mengobati rasa penasaran anda terhadap belalang atau walang goreng gunungkidul yang terkenal. Disepanjang perjalanan menuju wonosari anda akan banyak bertemu dengan konter-konter penduduk yang menjajakan walang goreng aneka rasa, gurih, manis atau pedas. Soal harga, pinter-pinterlah menawar,….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *