12 Tanaman Dapur di Pot dan Pekarangan

Berkebun memang memiliki keasyikan tersendiri, terlebih lagi jika apa yang ditanam memang menghasilkan dan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Bagi anda tengah mulai menyukai berkebun atau menanam baik di pot maupun di pekarangan berikut daftar 12 tanaman sayuran atau tanaman pendukung proses masak-memasak ibu di dapur yang sebaiknya anda miliki di kebun atau pot-pot anda.

1. Cabe rawit
Bagi yang doyan masakan pedas tentu menanam cabe rawit menjadi prioritas utama, terlebih lagi saat harga cabe melambung. Tanamlah jenis cabe lokal putih yang memiliki usia panjang hingga massa berbuahnya lebih lama dibandingkan cabe rawit hijau.

2. Cabe merah
Cabe merah digunakan untuk campuran cabe rawit untuk membuat sambal, selain itu banyak jenis sayur yang menggunakan cabe merah ini sebagai kelengkapannya agar bertambah sedap.

3. Tomat sayur
Tomat sayur matang dapat dijadikan buah, untuk membuat jus, campuran sambal maupun bahan sayur. Mudah ditanam dan tinggi kemungkinan dapat panen jika menanam tomat.

4. Seledri
Seledri digunakan secara luas di dapur, selain sebagai bahan sayuran seperti soto, nasi goreng, juga seledri kadang digunakan untuk campuran mie instant biar ada hijauan dalam masakan itu.

bunga-kucai
Bunga Tanaman Kucai

5. Kucai
Kucai ini bentuk daunnya mirip daun bawang, sering berguna untuk campuran goreng telur atau untuk buat sayur bening, masak mie goreng maupun mie rebus.

6. Kemangi
Kemangi sangat mudah ditanam, tinggal ditebar benihnya di pekaranganpun dapat tumbuh dengan subur. Daunnya untuk lalapan teman sambal dan lele atau ayam goreng.

7. Jeruk purut
Buah dan daun jeruk purut sangat terpakai di dapur. Bahkan jika memiliki banyak pohon yang rimbun, daunnya dapat dipetik untuk dijual. Satu kilo daun bisa dihargai duapuluh ribuan jika harga bagus.

8. Jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki batang tidak terlalu besar, hingga dapat ditaruh dipot. Namun jika menginginkan buah yang banyak sebaiknya tanam saja di pekarangan. Selain pelengkap masakan dapur, jeruk nipis segar jika dibuat minuman atau untuk obat batuk.

9. Sawi
Pasti tidak asing lagi dengan sawi atau caisin. Membuat mie, bakso, nasi goreng atau telur goreng jadi sedap jika ada sawi.

10. Kangkung
Selain untuk sayur jika anda punya piaraan kelinci atau marmut, maka kangkung dapat dijadikan makanan yang sangat disukai kelinci atau marmut.

11. Ketela pohon atau singkong
Batang ketela pohon dapat anda tanam banyak-banyak karena daunnya untuk cadangan bahan membuat sayur jika tidak sempat ke pasar.

12. Pisang
Kenapa pisang juga, karena daunnya sering kali diperlukan untuk bungkus makanan atau lauk yang sedang dikukus. Jika pengukusan menggunakan daun pisang maka aroma masakan menjadi lebih segar dan sedap.

Demikian daftar 12 tanaman rumahan yang mudah ditanam di sekitar rumah dan banyak diperlukan dalam keperluan dapur sehari-hari. Sebagian besar dapat ditanam di dalam pot hingga tidak perlu pekarangan yang luas.

One thought on “12 Tanaman Dapur di Pot dan Pekarangan

  1. Cinta

    Artikel yang menarik, ketemu dari google, semoga bisa jadi referensi, ditunggu postingan berikutnya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *