Cara Membuat Cincau

Cincau atau camcau merupakan salah satu bahan untuk dibuat minuman yang cukup populer. Mulai dari es cincau segar yang dijajakan penjual keliling hingga cappucino cincau mudah ditemukan sehari-hari. Selain sebagai bahan minuman, manfaat cincau untuk kesehatan banyak juga dibicarakan. Penasaran dengan tanaman yang menghasilkan cincau ini, berikut salah satu jenis cincau yang mudah ditanam dan diolah, yaitu cincau tipe tanaman merambat.

Tanaman ini mudah dikembangkan, cukup dengan setek batangnya kita bisa mendapat bibit baru dari cincau. Karena tumbuh merambat bagus jika diberi penopang bambu atau ajir agar cincau tumbuh dengan baik.

Bagaimana proses mendapatkan cincau hingga siap dijadikan bahan minuman ternyata cukup sederhana. Untuk porsi kecil petik segenggam daun cincau kemudian cuci dengan air hingga bersih dari kotoran terutama debu atau tanah. Setelah itu masukkan dalam wadah baskom atau mangkok yang telah diisi dengan air matang kurang lebih satu gelas kecil. Langkah berikutnya remas-remas dengan tangan daun cincau tadi sambil dicelup-celupkan kedalam air sambil diperas.

cincau-rambat

Dalam proses tadi akan keluar semacam cairan atau lendir gel dari daun cincau. Teruskan proses peremasan hingga terasa tinggal ampas daunnya.  Langkah terakhir adalah penyaringan untuk memisahkan gel cincau dengan sisa ampas daunnya. Terakhir diamkan hasil perasan tadi hingga mengental seperti agar-agar. Proses ini memakan waktu beberapa jam dan setelah mengental cincau dapat digunakan. Cukup mudah bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *