Agar Sortir Ikan Lele dalam Drum tanpa Keluar Berbuih

Tidak ada aturan baku pada umur berapa hari ikan lele dalam kolam dilakukan pensortiran. Umumnya sortir pertama dilakukan saat penebaran benih dalam kolam agar memiliki ukuran yang relatif seragam. Sortir kedua dan seterusnya bisa dilakukan sesuai sikon dan ketersediaan kolam kosong atau tempat  kosong yang dimiliki.

Siang ini dilakukan langkah sortir pada dua buah kolam drum yang ada.   Idealnya ada satu drum lagi sehingga proses sortir dapat berlangsung lebih cepat sekaligus mengurangi kepadatan lele yang makin besar. Alat sortir yang digunakan adalah ember sortir dengan diameter 2 cm. Ember ini dapat diperoleh di tempat-tempat jual ikan hias atau jual pakan ikan di dekat rumah anda. Jika ember sortir tidak dimiliki, proses sortir bisa menggunakan seser dengan lubang-lubang yang disesuaikan besarnya dengan usia lele.

Proses Sortir Ikan Lele
Siapkan beberapa ember yang diisi dengan air untuk tempat penampungan ikan sortir ini. Letakkan ember yang berisi air di bawah ember berlubang yang digunakan untuk sortir. Ikan yang hendak disortir diambil dengan seser kemudian dimasukkan ke dalam ember sortir.

Ikan-ikan kecil yang berukuran kepala lebih kecil dari 2 cm akan dengan mudah keluar dari ember dan jatuh ke ember berair yang ada di bawahnya. Saat lele dalam ember sortir, goyang ember ke kiri dan ke kanan atau memutar agar lele-lele kecil keluar dari lubang. Proses sortir ikan hendaknya berlangsung cepat agar ikan tidak menjadi stress akibat terganggu terlalu lama.

ember-sortir-lele
Ember berlubang untuk sortir lele.

Hasil sortir Lubang diameter 2 cm.

Dari 200 ikan lele dalam drum pertama, sekitar 80 ikan lele masih dapat lolos lewat lubang yang berdiameter 2 cm ini. Sementara sisanya sekitar 120 lele, kepala telah berukuran lebih dari 2 cm sehingga tidak lolos lewat lubang ember. Tampak sekali perbedaan yang mencolok lele-lele yang telah disortir ini. Sementara itu tidak jauh berbeda, lele dalam drum satu lagi juga menyisakan sekitar 40% ikan yang berukuran kecil ukuran lebar kepala kurang dari 2 cm.

lele-umur-45-hari

Lele usia sekitar 45 hari, 15 cm.

Muncul Buih Saat Sortir? Tetesi dengan Minyak Zaitun

Lele yang disortir dan ditumpuk dalam satu ember biasa mengeluarkan buih. Agar lele dalam ember tidak berbuih, berikan beberapa tetes minyak goreng atau minyak zaitun pada permukaan air. Dengan tetesan minyak ini, buih tidak akan muncul lagi pada ikan yang ada dalam ember.  Jika buih sudah terlanjur keluar, ganti air dalam ember dan tetesi air yang baru dengan minyak zaitun.

One thought on “Agar Sortir Ikan Lele dalam Drum tanpa Keluar Berbuih

  1. rani

    menarik sekali destinasi wisata nya,

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *