Daun Ijo

Ikuti

Hendak Memanaskan Ulang Sayur Bayam? Baca Ini dulu

Bagikan

Beberapa jenis sayur matang dapat dihangatkan atau dipanaskan hingga beberapa kali. Sebagian malah semakin enak jika telah dihangatkan beberapa kali meskipun nilai gizinya menurun, sebutlah sayur gudeg jogja atau gudeg solo yang terkenal itu. Makin dipanaskan warna sayur gudeg berbahan dasar nangka muda ini makin coklat dan lebih menarik. Namun apakah semua jenis sayuran aman untuk dihangatkan kembali untuk kemudian dihidangkan lagi? Beberapa jenis sayur secara turun-tumurun di masyarakat dipercaya tidak baik jika dihangatkan atau dimasak ulang untuk dikonsumsi lagi. Sebutlah sayur bayam sisa masakan semalam.

Kandungan Oksalat yang Meningkat
Sebuah media cetak pernah menuliskan, bahwa sayur bayam yang dimasak berlebihan akan meningkatkan kandungan oksalat terlarut pada jaringan tanaman. Kandungan oksalat ini jika terkonsumsi manusia dapat menyebabkan terjadinya pembentukan batu oksalat pada kandung kemih dan ginjal. Tentu saja ini dapat mengganggu kesehatan tubuh kita karena mengganggu kelancaran proses pengeluaran air seni.

Pemasakan yang berlebihan dapat terjadi dari proses menghangatkan sayur bayam sisa atau mengolah ulang bayam matang menjadi produk lain dengan pemanasan ulang.

Sayuran Sekali Santap akan Lebih Sehat
Ibu-ibu rumah tangga seringkali memanaskan ulang sayuran sisa semalam dengan alasan agar tidak menjadi basi. Proses sayuran menjadi basi memang bisa dicegah salah satunya yaitu dengan pemanasan atau juga memasukkannya ke dalam kulkas. Pemanasan akan mematikan bakteri atau mikroorganisme penyebab sayuran menjadi busuk.

sayur-sisa-semalam

Secara umum sayuran yang telah dipanaskan ulang akan mengalami penurunan nilai kandungan gizi senyawa bermanfaat yang ada di dalamnya. Pemanasan yang berlebihan dapat menghilangkan kandungan beberapa jenis vitamin dalam bahan sayur. Selain itu, beberapa mineral, lemak atau senyawa yang ada pada sayuran dapat bereaksi atau berubah bentuk menjadi zat lain. Kandungan zat baru inilah yang seringkali menjadi penyebab jika terjadi gangguan kesehatan akibat sayuran daur ulang.

Agar tidak perlu makan sayuran yang dipanaskan, maka  memasak sayur secukupnya saja agar tidak bersisa hingga sayang untuk membuangnya dapat menjadi alternatif pilihan yang bijak.

Bagikan

Terkait

Latest