Daun Ijo

Ikuti

Macam-macam Bunga yang dapat Dijadikan Sayur? Ini Contohnya

Bagikan

Bahan untuk membuat sayur memang didominasi dari bagian tanaman bertipe daun. Namun banyak juga sayuran non daun seperti dari buah atau biji, batang, akar, umbut hingga daun. Sebutlah buah terong dan kacang panjang, batang kangkung dan tunas bambu, serta umbut kelapa dan aneka umbut jenis palm.

Beberapa jenis bunga yang sering dijadikan bahan sayur.
Bunga Turi
Bunga turi lokal umunya berwarna putih dan bentuknya seperti kuku besar yang panjang. Bunga turi banyak digunakan untuk membuat pecel atau urap sambal kelapa. Aneka pecel daerah yang terkenal banyak menggunakan daun turi sebagai khasnya.

Bunga Melinjo
Selain daunnya yang muda serta buahnya yang dapat dijadikan bahan sayur, bunga melinjo yang masih muda banyak digunakan masyarakat sebagai bahan sayur. Kroto, sebutan untuk bunga melinjo ini terutama diambil dari jenis melinjo jantan. Bunga melinjo jantan tidak akan menjadi buah hingga banyak dimanfaatkan untuk sayur.

Bunga Pisang
Bunga pisang atau jantung pisang banyak digunakan untuk bahan sayur. Jantung pisang yang sudah tidak produktif menjadi buah dipotong dan direbus untuk sayur. Tidak semua jenis pisang enak untuk dimakan jantungnya. Pisang kepok termasuk yang jantungnya enak dimakan.

Bunga Pepaya
Bunga pepaya jantan atau pepaya grandel dapat diolah menjadi sayur tumis yang lezat. Pepaya jantan memang menghasilkan bunga dalam jumlah yang relatif banyak, sehingga tidak akan kesulitan untuk mengumpulkan sejumlah bunga untuk bahan sayur. Rasa pahitnya dapat diminimalkan dengan penggunaan tanah liat atau garam dapur.

Bunga Kecombrang
Bunga kecombrang dapat dijadikan lalap atau direbus dan dimakan dengan sambal cabai. Tanaman kecombrang berbatang lunak sepintas mirip dengan jenis empon-emponan dan juga memiliki rimpang. Selain untuk lalapan, bunga kecombrang rebus dapat dijadikan pengisi bahan pecel sambal kacang.

Selain tanaman di atas, kembang kol dan brokoli juga termasuk bahan sayuran non daun yang mudah dijumpai sehari-hari.

Bagikan

Terkait

Latest